Penggunaan LInux

 Memang benar kata orang orang yang telah memakai sistem operasi windows. Dengan memakai diluar sistem itu maka kita akan lebih produktif dan jauh dari kata bermain main lagi karena tidak ada program program ini itu yang menarik. Seringnya pengguna komputer melirik Linux sebagai alternatif sistem operasi karena bersifat open source yang mana kita bebas menggunakan, memodifikasi dan menjual kembali tanpa harus membayar royalti ke penciptanya. Linux dipersiapkan untuk mendukung produktifitas kerja dan tidak untuk kalangan anak anak yang masih suka bermain main dengan program yang sudah jadi. Dan dengan menggunakan Linux kita diajak untuk mengatasi setiap masalah dengan cerdas.

Sebenarnya Linux tidak memiliki aplikasi yang populer macam Adobe Photoshop, Corel, Office. Dan kualitas programnya pun kadang asal asalan, tidak ada keberlanjutan pengembangan , tapi itu bukan masalah besar, masih ada aplikasi alternatif yang cukup digdaya untuk digunakan. Masalah lainnya lagi ketika kita mencoba untuk share file file kita dengan teman yang menggunakan Windows. Lebih sering kacau daripada tidaknya. Misal yang paling sepele adalah menggunakan Libre Office Writer, ketika kita sudah susah payah menyetting dari berbagai segi, eh ketika dibuka di windows maka seperti mengerjakan sejak awal lagi. Itu satu masalah “agak” sepele. Masalah lain adalah format file yang eksentrik. Misalkan kamu membuat sebuah desain untuk brosur institusi tertentu, maka ketika kamu membawa file tersebeut ke percetakan kamu akan mendapatkan kesulitan yang lebih besar lagi karena format filemu tidak bisa dibaca komputer percetakan yang menggunakan windows.

Sisi positifnya jika menggunakan linux kita tidak perlu repot menginstall bermacam driver agar komputer bisa berjalan sempurna. Karena linux sudah mengenali hardware terkini. Yang paling aku suka adalah kemampuan mengenali berbagai macam printer, baik itu printer jadul atau yang jenis baru. Ketika kita menghubungkan ke linux langsung terdetect dan langsung bisa kita gunakan untuk mencetak dokumen-dokumen sederhana.

Dan yang paling utama virus-virus yang ganas tidak akan pernak berkutik, karena memang didesain untuk windows yang banyak pemakainya dibandingkan dengan pengguna Linux.

Jadi ketika kita memutuskan untuk sepenuhnya menggunakan Linux untuk keseharian kita, bersiaplah dengan segala rasa kesepian itu. Atau bahasa kerennya exclusive.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s