Tempat Favorit Menyembunyikan Handphone

Kami memberikan kebijakan melarang anak membawa hape di sekolah. Jika terpaksa harus membawa (untuk jemputan) mereka kami wajibkan untuk menitipkan dulu di ruang BK.

Namun, pada pelajaran tertentu, Misalkan mata pelajaran PKn yang membahas isu politik terbaru atau IPS yang mendiskusikan mengenai perkembangan ekonomi. Beberapa guru membutuhkan internet untuk referensi yang kekinian yang tidak ada di buku materi. Maka hape boleh mereka gunakan di dalam kelas dengan pengawasan guru. Setelah pelajaran berakhir, mereka harus mengembalikan lagi.

Tapi, ada juga anak yang bandel membawa hape secara sembunyi-sembunyi.

Maka, kami sering melakukan razia hape mendadak di sekolah. Tujuannya untuk memberikan efek jera agar mereka tak lagi mecoba-coba curang dibelakang kami.

Mereka akan lihai menyembunyikan hape secepat kilat diberbagai tempat agar tak ketahuan. Ada tempat yang sudah umum dan ada pula yang bikin geleng-geleng kepala.

  • Pertama, Laci Meja. Tempat paling cepat untuk menyembunyikan nih. Biasanya mereka akan menutupinya dengan sampah atau buku. Tapi tempat ini terlalu umum bagi kami. Maka ini merupakan sasaran pertama ketika didalam tas tak ditemukan hape.
  • Kedua, Laci Meja Guru. Kalian heran? Saya juga. Pernah kami menemukannya setumpuk hape yang mereka letakkan di laci meja guru. Tak hanya itu, mereka menutupinya dengan beberapa buah surat izin yang udah tak terpakai. Mereka sepertinya mempelajari bahwa tempat yang tidak pernah kami sentuh adalah tempat kami sendiri.
  • Ketiga, di dalam buku. Ini merupakan trik anak-anak yang sering menonton film-film luar, seperti Shawshank itu. Mereka menyembunyikan dibalik sampul buku yang besar. Trik ini efektif untuk mengelabui petugas yang kurang cermat. Kalau lagi niat, mereka akan melubangi buku yang tebal sedalam hape, kemudian memasukkannya. Tak bakalan ada yang menyangka.
  • Keempat, di kaos kaki dan sepatu. Nah ini merupakan trik agak baru. Mereka menyelipkan Smartphone disela kaos kakinya. Selain itu, yang lebih ekstrem adalah menyembunyikan di dalam sepatu. Lho apakah tidak pecah? Kan kami merazia hanya sebentar, maka tidak akan rusak kalau mereka sambil duduk. Untuk mengatasi hal ini, kami menyuruh mereka berjalan ke depan. Bagi yang menyembunyikan di sepatu, mereka akan keliatan dari cara berjalan yang hati-hati.
  • Kelima, kantin. Ah inilah yang paling sulit. Mereka bisa bekerja sama dengan petugas kantin untuk saling menutupi. Kalau petugas kantinnya pro dengan kami, anak-anak bisa kejam dengan cara mengancam untuk tidak lagi jajan di sana. Tak ada solusi untuk masalah ini.
  • Keenam, didalam baju. Bagi mereka yang memakai baju dobel (cewek) tentu sangat mudah. Tinggal masukin lewat depan, bim salabim hape lenyap dari pandangan secepat hati cewek berubah. Oleh karena itu kami membawa petugas perempuan juga, biar tidak disangka melakukan pelecehan seksual ketika memeriksa bagian yang sensitif.

Ada beberapa trik yang sempat ketahuan oleh kami. Mereka ternyata menggilir hape ke temennya. Jadi ketika kami sedang memeriksa anak ke 1, hapenya di titipkan dulu ke anak nomor 5. Nah setelah nomor 1 selesai maka si nomor 5 menitipkan ke nomor 1.  Untuk mengatasi nya, kami membawa tim pengurus OSIS yang banyak, sehingga dapat langsung sekaligus memeriksa.

Jika kalian pernah menonton film You Can See Me 2 pada saat adegan mengambil chip seukuran kartu di sebuah Lab ya seperti itulah kelakuannya. Cerdik banget.

Bagi yang kedapatan membawa hape, kami langsung menyitanya, setelah itu kami akan memberikan surat panggilan kepada orang tua untuk mengambil hape anaknya. Tapi tak semua orang tua mau mengambilnya ke sekolah. Malu.

Jadi, sampai saat ini kami masih menyimpan beberapa buah hape yang belum diambil oleh tuannya. Bahkan ketika anak itu sudah lulus dan bekerja, hape masih tersimpan rapi di almari ruang BK.
Wassalam.

Advertisements

77 thoughts on “Tempat Favorit Menyembunyikan Handphone

  1. Dulu waktu saya sekolah, bawa hape boleh aja.

    Tapi itu dulu saat HP-nya masih jadul, belum ada socmed, youtube dan internet cepat.

    Mungkin ada satu tempat lagi yang bisa menjadi tempat persembunyian HP yaitu di dalam celana dalam (anak laki2 biasanya yg senekat ini)

    Like

  2. Wah ini juga gurunya cerdas bangeet haha. Sampe update film yang ada contoh cara menyembunyikan sesuatu. Top!! Seandainya semua guru bisa begitu ya. Murid ngakalin, guru balik ngakalin dong wkwk

    Like

    1. Iya bener banget, kalau dulu buat apaan coba?hape hanya memiliki fungsi terbatas. Kita pasang alat penghilang sinyal udah beres. Tapi sekarang hape fungsinya macam-macam. Jadi khawatir untuk yang enggak-enggak

      Like

  3. Waw… hebat emang kids zman now ya…pinter mereka .. tp guru mah hrs lebih pinter trnyta. Di skolah kmi mlah ad yg menyembunyikan hape di celana bagian dlm (bagi yg pkai celana pndek/rok). Kadang sulit terdeteksi, tp dg saya…smua terekspos… haha ..

    Syukurlah tadi pagi (hr ini hr prtama msuk skolah di tmpat kmi) tak ad yg kedapatan bawa hape. Klau ketahuan bwa, utk kls 7-8, ortunya akn kmi panggil, tp yg kls 9, hape bru bisa diambil stlh UN nnti (kecuali kartu atau nomer HPNya).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s