Suka Duka Menjadi Kurir Barang

pexels.com

Iseng melamar pekerjaan sebagai kurir barang di sebuah market place kelas internasional untuk mengisi waktu luang dan menambah pengalaman. Eh ternyata diterima dengan mudah. Sayapun menjalaninya dengan hati ringan.

Jadi ditempat saya, mereka memperkerjakan kami sebagai karyawan kontrak. Jangka kontraknya hanya selama satu bulan saja. Dalam jangka satu bulan itu mereka akan mereview kinerja kami berdasarkan respons konsumen, ketepatan waktu, dan jumlah pengiriman barang . Jika baik maka mereka akan memperpanjang kontrak, tapi jika sebaliknya, maka kami harus rela untuk pindah pekerjaan lain.

Untuk gaji, dalam satu hari, kami mendapatkan upah sebesar Rp. 140.000,- untuk barang dibawah 50 buah. Sedangkan diatas itu mereka akan menambahkan bonus 2.500 per barang. Uang sebesar itu sudah termasuk uang bensin dan uang makan. Tambah bonus lagi jika ada pembeli yang baik hati yang tidak meminta uang kembali.

Setiap jam 06.00 kami harus bersiap di Hub (gudang) yang terletak di kabupaten. Milihin barang sesuai dengan area kami. Kemudian mensortir barang mana yang harus diletakkan di paling bawah tas, dan mana yang paling atas untuk alamat yang paling dekat. Setelah itu mapping wilayah dan routing. Sedangkan pulangnya, entah sampai jam berapa.

bersambung…

28 thoughts on “Suka Duka Menjadi Kurir Barang

    1. Aku gak bisa kalau nulis panjang. Rasanya jadi aneh.
      Kan ngantar barangnya gak tiap hari, hanya 3 hari dalam seminggu. Tergantung orderan. Kalau lagi rame ya bisa 7 hari.
      Untung pembelajarannya online, jadi ya bisa lebih santai.

      Like

  1. “Kemudian mensortir barang mana yang harus diletakkan di paling bawah tas, dan mana yang paling atas untuk alamat yang paling dekat. Setelah itu mapping wilayah dan routing.”

    Naaah, men-sortir barang ini yang cukup susah kalau tak kenal benar daerah itu ya Oom? Ataukah peletakan barang di atas atau di bawah dilakukan setelah mapping dan routing?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s