Uncategorized

Penyebab Siswa Ribut di Kelas

Seringkali para rekan guru dibuat pusing ketika mengajar dalam kelas tapi siswa malah ramai tidak karuan, semakin kita teriak, maka mereka semakin ramai pula. Akhirnya jadi lucu juga, murid dan guru saling teriak seperti di pasar.

Masalah yang mungkin terjadi ketika anak-anak ramai adalah:

  • guru tidak memiliki wibawa tinggi, sehingga anak anak menganggap guru hanya teman permainan saja. Kadang postur tubuh juga sangat berpengaruh terhadap wibawa seorang guru, tapi tidak selalu.
  • materi yang diajarkan membosankan, contoh nyata pelajaran yang membosankan adalah PKN, Agama, IPS, sedangkan pelajaran paling dibenci adalah matematika, bahasa inggris, IPA.
  • cara penyampaian materi yang kurang menarik. mengatasinya dengan menerapkan beberapa metode pengajaran yang sesuai dengan situasi (belajarlah lagi beberapa metode pembelajaran) dan perlu juga menekankan beberapa intonasi yang meyakinkan ketika merujuk pada bahasan tertentu !!!
  • siswa tidak memiliki kegiatan, kadang kita hanya fokus pada satu jenis kegiatan. Untuk siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata mereka dapat menyelesaikan kegiatan tersebut dalam waktu singkat, sedangkan siswa yang agak terbelakang mungkin butuh waktu yang jauh lebih panjang. Nah siswa yang sudah mengerjakan tugas sebaiknya diberikan beberapa kegiatan untuk drilling materi yang sudah diajarkan, atau memberikan mereka beberapa tantangan sesuai dengan levelnya.

Sebenarnya, kelas bisa kita kondisikan tenang sejak pertama kali tatap muka. Jika dari pertama seorang guru cengengesan ketika mengajar maka lama kelamaan murid tidak akan memberikan respek sama sekali dan makin nglunjak . Kadang memang perlu diberikan efek jera satu atau dua kali ketika mereka sudah melewati batas dengan cara kita diam atau tidak mengajar (untuk yang terakhir tidak akan efektif, karena jam kosong merupakan jam paling favorit dibawah level pelajaran olahraga).

Lebih efektif ketika jam menjelang istirahat atau menjelang pulang. Triknya seperti ini.

Tulislah kata  I S T I R A H A T dipapan tulis. Jelaskan bahwa tiap huruf mewakili jumlah waktu istirahat. Andaikan siswa masih tetap ramai maka hapuslah satu huruf dan jelaskan bahwa waktu istirahat mereka anda potong selama 2 menit (yang artinya anda masih didalam kelas selama dua menit ketika bel istirahat berbunyi). Dengan trik ini kita tidak perlu bersusah payah mendiamkan mereka, kita cukup menunjuk kata itu yang pelan pelan makin berkurang ketika ada siswa yang masih bandel ramai.

Catatan: cara ini hanya efektif untuk anak usia pendidikan dasar, sedangkan usia yang lebih tua mungkin perlu trik yang lebih canggih lagi.

Bagaimanapun juga pekerjaan mengajar itu tidaklah semudah yang orang-orang bayangkan.

Advertisements

2 thoughts on “Penyebab Siswa Ribut di Kelas

  1. Walah, kirain salah masuk web. Gw dulu sering jadi kompor keributan di kelas, sampai-sampai kaki gw diikat sama guru. Ya, dulu guru sosok superior sekali yes?

    Lalu gw megalami jadi pengajar tapi gw senang kalau kelas gw ribut, karena gw ngajar gitar elektrik, fotografi dan animasi. Kalau gak ribut serasa dicuekin deh.

    Tapi gw juga bisa sebel sama kelas ribut, kalau lagi ngajar privat.

    Yang paling ngeselin tuh waktu ngajar karate, yang diajar malah marah-marah (untung gw gak sampai dipukul). Soalnya gw memang bukan Senpai mereka, kebetulan aja lewat.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s