Bagaimana Mengetahui Kalian Tua Atau Enggak

Pada suatu malam, kami sedang menuju acara pengajian di pusat kota. Salah seorang dari kami tiba-tiba nyeletuk, " eh sekarang caleg masih muda-muda ya?" sambil melihat poster-poster caleg di pinggir jalan. Kemudian saya menarik kesimpulan bahwa sebenarnya bukan caleg nya yang muda, tapi dialah yang tua. Karena umurnya tua, maka dia melihat bahwa semua orang … Continue reading Bagaimana Mengetahui Kalian Tua Atau Enggak

Advertisements

Saya dan Motor Yang Sering Mencelakai 

Hai, teman-teman. Sewaktu masih kuliah, saya menggunakan Suzuki Shogun 110 FD keluaran tahun 1997 sebagai daily ride. Motor kebo ini merupakan generasi terakhir dari eranya, setelah itu digantikan Shogun 110 yang sama dengan punyanya Ariel. Pada waktu itu, teman kampus rata-rata menggunakan motor terbaru yang lebih kinclong, jadi ketika di parkiran, ni motor paling mencolok diantara … Continue reading Saya dan Motor Yang Sering Mencelakai 

Mencari Wifi Gratis di Kota Solo

Hai, teman-teman, Selamat Malam. Kota yang menyandang semboyan the spirit of java ini memiliki banyak public space yang menyediakan wifi gratis untuk masyarakat, hlo. Kalian tak perlu melakukan registrasi apapun untuk bisa menikmati layanan ini, tinggal nongkrongin ke tempatnya, cari SSD Pemkot_Solo, hubungkan, nungguin terhubung, dan udah deh gitu aja. Setelah itu kalian bisa memanfaatkan … Continue reading Mencari Wifi Gratis di Kota Solo

Mencari Makanan di Alun-alun Kidul Solo

Suatu sore abis magrib, kami keliling mencari makanan di sekitar Alun-alun Kidul Solo. Karena begitu banyaknya penjual makanan berjenis-jenis, kami malah muter-muter mengelilingi lapangan lebih dari tiga kali kebingungan ingin menentukan pilihan warung yang cocok. Akhirnya saya memutuskan untuk menyempitkan kriteria warung itu harus penjualnya muda, cantik dan lebih penting lagi bersih. Setelah setengah putaran, … Continue reading Mencari Makanan di Alun-alun Kidul Solo

Pentingnya Kelihatan Baik Untuk Semua Orang 

Assalamualaikum, teman-teman. Saya mempunyai teman SD yang kerjaannya sebagai tukang foto profesional acara pernikahan. Layaknya tukang foto lain, dia memiliki banyak jenis kamera di rumah. Mulai dari pocket sampai mirrorless, semua ada. Dia juga membeli banyak lensa untuk menunjang semua jenis fotografi. Selain itu, dia juga memakai outfit yang mengesankan tukang foto banget, semua bajunya pasti … Continue reading Pentingnya Kelihatan Baik Untuk Semua Orang 

Mengapa Takut Terhadap Makanan Tak Sehat 

Beberapa waktu yang lalu saya kebetulan menonton channel YouTube White Papuans, yaitu channel yang menceritakan kehidupan sehari-hari orang Jerman yang bisa berbahasa Indonesia logat papua yang lucu. Dalam sebuah video, mereka sedang makan ayam goreng bapak berjenggot yang ternyata juga populer di sana. Seperti yang kita ketahui, ayam goreng tentu berminyak, dan dia tahu bahwa … Continue reading Mengapa Takut Terhadap Makanan Tak Sehat 

Ngalor ngidul Tentang Rasa Cinta 

Gebyarnya cinta itu hanya akan bertahan selama kurang lebih tiga bulan, setelah itu ya biasa aja.  Selama tiga bulan itu, dunia seperti penuh bunga dan romansa. Liat mie instan yang tidak habis aja ingat sang kekasih udah makan atau belum. Segalanya seperti indah dan menyebarkan aura positif. Dalam pikiran orang yang sedang jatuh cinta tiba-tiba menjadi … Continue reading Ngalor ngidul Tentang Rasa Cinta 

Yuk Mandi 

Sewaktu masih tinggal di Solo,saya pernah diberikan trik untuk mengatasi rasa malas. Rasa malas itu banyak macam, misalkan malas untuk pergi belanja, pergi kuliah, pergi makan keluar atau semua kegiatan yang butuh aktivitas fisik. Apa sarannya? Mandi !!! Iya, mandi biasa, bukan mandi besar. Dia menjelaskan bahwa apapun itu, ketika malas mulai mendera, saya haru … Continue reading Yuk Mandi 

Mengatasi Erosi Pasir

Di kampung kami, biasanya orang memiliki banyak pasir di pekarangan rumahnya sebagai persiapan hal tak terduga. Misalkan untuk urug-urug, nutupin tahi ayam, atau kalau kepepet bisa untuk menggambar. Pasir-pasir itu bisa terbengkalai bertahun-tahun lamanya kena hujan dan panas. Untuk mengatasi erosi pasir karena terkena hujan yang masif atau ulah usil anak kecil yang sering main mobil-mobilan, … Continue reading Mengatasi Erosi Pasir

Raja Mala, Kepala Kapal Yang Menyeramkan

Raja Mala: cara membacanya , Ra seperti pada Roti, Ja seperti Joko, Ma seperti Mobil, La seperti Love. ​ Jadi masih di Museum Radya Pustaka ya, selain koleksi andalan peninggalan Kaisar Perancis yang keluarganya berantakan itu, ada satu koleksi lagi sebagai maskotnya museum yang dapat membuat kaum penakut menjadi kancilen. Namanya adalah Raja Mala, lebih … Continue reading Raja Mala, Kepala Kapal Yang Menyeramkan

Melihat Peninggalan Napoleon Bonaparte di Solo

Tak disangka bahwa kekaisaran Perancis memiliki peran yang sangat besar terhadap Keraton Solo. Mereka lah yang melatih prajurit-prajurit Keraton Mangkunegaran menjadi legiun yang tangguh yang disegani oleh kawan maupun lawan. Hal tersebut bukan hanya hoax, terbukti dengan beberapa buah foto lama yang menunjukkan mereka melatih prajurit Keraton. Dan berbagai ornamen Keraton yang bernuansa Perancis. Tak … Continue reading Melihat Peninggalan Napoleon Bonaparte di Solo