Intercom for Android: Aplikasi Untuk Menggosip Saat Boncengan

Assalamu’alaikum.

Pernah enggak ketika naik motor berboncengan terus kita ngobrol sambil teriak-teriak? Begitu kerasnya suara kita sampai pengendara lain menoleh heran. Akan lebih bikin malu lagi jika mereka ikut menimpali apa yang sedang kita bicarakan.

Atau kalau ngomong sampai berbusa-busa curhat sesuatu eh ternyata temen kita gak dengar, walaupun kelihatan manggut-manggut. Ternyata suara yang kita keluarkan kalah dengan deru angin.

Saya sih sering, makanya saya mencari berbagai referensi untuk mengatasi masalah ini. Dapat banyak, ada yang membeli helm khusus seharga smartphone, ada lagi menyuruh membeli Interkom biasa dengan modifikasi. Namun akhirnya saya menemukan solusi murah meriah tanpa keluar modal. Saya hanya membutuhkan 3 hal.  Pertama, smartphone Android , kedua earset bawaan dan terakhir aplikasi Intercom for Android.

Sebelum saya jelaskan mengenai tutorialmya. Saya jelaskan dulu mengenai beberapa fiturnya.

  • Tidak membutuhkan koneksi internet.
  • Koneksinya ada dua, wifi dan bluetooth.
  • Ringan, cepat dan lincah.
  • PTT, pust to talk. Fitur ini mirip dengan HT yang mana kita harus ngomong secara bergantian dengan cara menekan tombol dulu. Bisa untuk nostalgia bagi penggemar radio amatir.
  • Mudah terkoneksi dengan perangkat yang lain. Iya, pengaturannya mudah.
  • Bisa ngobrol persis seperti orang lagi bertelepon. Berkebalikan dengan PTT.
  • Ada loudspeaker.
  • Bagian bawah muncul iklan.

Okay, mari kita mulai. Pertama pasang aplikasi Intercom for Android dikedua smartphone yang akan kalian gunakan untuk menggosip di jalan. Setelah itu,  atur koneksinya menggunakan bluetooth atau wifi dengan cara memencet icon kompas ditengah aplikasi. 

Jika menggunakan koneksi bluetooth, maka kedua smartphone harus mengaktifkan bluetooth. Jika menggunakan wifi, maka yang satu bertugas sebagai hotspot dan yang satunya adalah penerima. Yah persis kalau kita lagi membuat hotspot untuk laptop. Jadi ya mana sukalah. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Setelah kedua smartphone terkoneksi maka tancapkan earset kalian dan lakukan percobaan hingga merasa familiar dengan fiturnya. Set up kalian benar jika indicator bar suara naik turun sesuai dengan suara yang masuk.

Jika (jika lagi) sudah selesai, untuk menghemat baterai kalian bisa mengubah smartphone ke dalam mode pesawat. Kemudian smartphone bisa kalian letakkan di saku atau tas. Asalkan kabelnya nyampai. Dan selesai, hanya itu aja.

****

Untuk mengatasi suara angin yang menderu ketika sedang berkendara, kalian bisa menutupi mic dengan busa atau apalah agar tidak terlalu peka penerimaannya.

Kadangkala menggunakan earset bawaan tidak begitu nyaman ketika dimasukkan kedalam helm serasa ada yang ngganjel. Bisa membuat sakit dalam jangka waktu lama. Apalagi jika earset nya murahan pasti cepat membuat linu lubang telinga. Solusinya kalian dapat membeli earset yang khusus untuk helm. Harganya mungkin lebih dari 100.

Jika (lagi) kabelnya tidak cukup panjang sampai ketelinga. Kalian bisa membeli perpanjangannya di toko elektronik atau aksesoris handphone. Murah kok, 30.000 udah mendapatkan kualitas bagus.

Last, sebenarnya ada banyak aplikasi lainnya yang memiliki fungsi yang mirip Intercom for Android. Namun saya lebih nyaman dengan ini karena lebih sederhana dan mudah digunakan.

Walaikum Salam.

22 thoughts on “Intercom for Android: Aplikasi Untuk Menggosip Saat Boncengan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s