Membuat Document Apa Aja Jadi PDF

Catatan: Postingan ini hanya untuk pemula.

Kadangkala kita ingin membuat file langsung ke format pdf, supaya susunan file nya tidak bisa di acak-acak oleh pembaca. 

Beberapa orang kebingungan dan bertanya aplikasi apa yang cocok yang bisa membuat dokumen Word, Excel, sebuah halaman web menjadi format pdf ?

Jawabannya tak perlu nambahin aplikasi apa-apa. Kalian hanya membutuhkan menu Print (Cetak) yang pasti ada di setiap aplikasi seperti Office atau Google Chrome.

Liat ilustrasi di bawah ini.

Saya contohkan untuk Google Chrome. Pertama, kalian klik tiga titik di bilah paling kanan, nanti akan keluar Menunya, terus Pilih Print (Cetak). Kalau gak mau repot ya tinggal pencet CTRL dan P aja.

cetak
Dari Icon 3 titik itu kalian klik, maka nanti muncul Menunya, kemudian pilih Cetak (Print)

Kedua, Sesudah itu akan muncul seperti ini. Bagian kiri pada Tujuan pilihlah SIMPAN SEBAGAI PDF. Pada bagian ini kalian juga dapat mengatur halaman mana aja yang ingin disimpan. Selain itu ada juga beberapa pengaturan yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Setelah sesuai maka tinggal kalian klik SIMPAN, dan selesai.

 

cetak 2

Kalau untuk Microsoft Word kalian tinggal masuk ke dalam menu SAVE AS, maka disana nanti udah ada menu untuk membuatnya menjadi format PDF.

Sangat mudah, kan. Semoga berguna.

Advertisements

37 thoughts on “Membuat Document Apa Aja Jadi PDF

  1. Yg kadang susah itu ngambil data dr pdf utk dijadikan format data biasa, misalnya dari pdf ke word. Knp gak semudah sprti kita save nya as pdf ya? Ah, prtnyaan sy aneh.. 🙂

    Like

    1. kalau yang itu pake Aplikasi mr 😂. Bisa online, cukup search pdf to word nanti akan banyak situs yang menyediakan konversi itu secara gratis .

      Jika sumber asal pdf dari word, maka untuk merubah nya kembali ke word biasanya tak sulit. Formatnya pun masih sama.

      Like

  2. Dulu aku suka print tulisan yang pengen aku baca.
    Tapi folder sering terhapus, dan banyak yang kuunduh tidak ku baca😂. Masih malass2nya dulu SD-SMP, sekarang belum pernah print lagi wkwkw

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s