Apakah Kita Memiliki Tanda-tanda Miskin? 

Hai teman-teman. Selamat Pagi. 

Tema tulisan saya makin lama makin jauh dari tagline-nya ya. Ha ha. Biarlah. 

Kali ini saya ingin memberikan beberapa daftar tanda tanda kita miskin atau enggak. Ini tiada untuk menyudutkan sih, tapi sebagai sebuah wake up call dan perbandingan kenyataan yang kita hadapi sehari-hari. Saya berharap ini nantinya berguna bagi saya sendiri dan teman teman.

Miskin disini masih dalam level umum, bukan yang super ekstrim seperti tidak mempunyai akses ke makanan atau air bersih, tapi dalam kehidupan normal pada masyarakat modern. Kita masih memiliki pendapatan seperti yang lain. 

Artikel ini saya ambil dari berbagai sumber. Saya kumpulkan dan kompilasi ulang. Jadi bukan murni pendapat saya sendiri sih. 

Eh tapi bukankah menulis itu sejatinya hanya comot sana comot sini kemudian di daur ulang dengan komposisi bumbu yang berbeda ya. 

Jadi seperti kata Einstein, didunia ini tidak ada sama sekali penemuan baru. Ibarat kita menemukan suatu kerang di pantai. Kerang itu emang sudah lama disana sebelum kita menemukannya,  kita tidak melakukan apa-apa, andai kita tidak menemukannya pasti orang lain yang akan mengambilnya. Jadi sejatinya seperti itu lah penemuan,  jika buka kita, maka orang lain akan mengambil jalannya.

Jadi… Kita lanjutkan. 

Okay kita liat apakah kita masuk kategori miskin atau enggak. 

  1. Jika kita berhenti bekerja, maka kita tidak bisa menjaga lifestyle selama 3 bulan. 
  2. Ada tagihan yang memberatkan atau yang tidak bisa terbayarkan. Misalnya cicilan motor, rekening listrik, pulsa, kpr atau paling parah cicilan smartphone. 
  3. Sering membeli barang murah dan diskonan bukan karena butuh barang itu, tapi karena sedang murah. 
  4. Sering makan makanan instant. Ini berarti kita hanya akan merusak kesehatan sendiri. Jika kita sakit maka tidak bisa produktif dan malah akan mengeluarkan banyak biaya lagi. 
  5. Kita ketakutan dengan kondisi sekarang akan mempengaruhi kehidupan keturunan kita nanti. Misalkan kita cemas bisa menghidupi istri anak atau enggak. 
  6. Kendaraan kita berumur lebih dari 10 tahun dan tidak terawat dengan baik. 
  7. Kita sangat berharap pemerintah memberikan kompensasi dan bantuan terhadap kita setelah tidak bekerja. Dan selalu menyalahkan mereka tidak memberikan kebijakan yang menguntungkan kita. 
  8. Kita menghabiskan uang sebelum mendapatkannya. Its mean sering ngutang untuk hal hal yang basic. 
  9. Kita sering mencuri wifi, curang belanjaan dll. 
  10. Kita tidak mempunyai keluarga yang kita cintai yang dapat mendukung untuk lebih baik.
  11. Tidak mempunyai underwear yang bersih setiap hari. Underwear merupakan kebutuhan dasar, jika ini saja kita tidak bisa menjaganya maka itu sudah parah. 

Dari daftar di atas ada beberapa yang iyes banget mengenai kehidupan saya saat ini, jadi saya termasuk miskin teman-teman. So Sad. Tapi saya tidak patah arang, ini saya jadikan sebagai peringatan keras diri sendiri bahwa saya harus berusaha keras untuk mencari duit lebih banyak lagi.  


Have a nice day. 

36 thoughts on “Apakah Kita Memiliki Tanda-tanda Miskin? 

  1. Alhamdulillah mayoritas ga ada di list itu. Semoga Allah pun ridho. Kalau pun miskin gpp, asal ntar masuk surga

    Like

  2. Beli diskonan + makan makanan instant itu saya bgtttttttt. Yang wifi juga. Fix ini saya emg sobat miskin~~~

    Terima kasih mas sudah merangkum tanda-tandanya. Biar lebih semangat nyari duit 😁

    Liked by 1 person

Leave a comment