Ingin tahu gaji guru honorer?

image

Saya memberikan gambaran untuk daerah saya sendiri (Wonogiri).

Guru honorer (GTT) menerima gaji bervariasi tergantung kebijakan sekolah masing-masing. Untuk yang bekerja di sekolah negeri/swasta favorit di kota akan berbeda jauh dengan yang mengabdi di sekolah negeri/swasta yang non favorit dan pinggiran.

Upah yang diterima mulai dari 7.000 sampai dengan 50.000 per jam mengajar. Andai sekolah itu memiliki dana yang berlimpah, maka mereka akan kuat untuk membayar sejumlah 50.000 namun jika sekolah itu kembang kempis hanya untuk membeli kapur saja maka besarannya hanya 7.000 per jam.

Untuk perhitungannya per bulan, jika seorang guru mendapatkan 20 jam mengajar dalam satu sekolah maka dia akan mendapatkan uang 20 jam x 7.000 = 140.000,- per bulan. Tidak dikalikan 4 , sehingga perhitungan gaji hanya per minggu.

Miris bukan?

Uang segitu hanya habis untuk membeli bensin.

Maka dari itu banyak guru yang masih berstatus honorer tidak hanya mengajar di satu sekolah.

Oh ya belum lama ini, GTT yang mengabdi di sekolah negeri berhak untuk mendapatkan insentif sebanyak 500.000, naik dari tahun lalu yang hanya 200.000. Dan juga akan mendapatkan SK dari bupati sehingga akan memiliki kesempatan untuk ikutan PPG.

Itulah gambaran singkat keadaan gaji guru honorer yang menyedihkan. ha ha..jadi jika melihat guru honorer yang kelebihan gaya ya taulah sebenarnya keuangannya.

 

End.

 

38 thoughts on “Ingin tahu gaji guru honorer?

    1. wow nikmat banget ya mas,
      di sini ya segitu, saya merasa kasian dengan teman teman yang mengajar di sekolah swasta dan non favorit..mereka tidak diperhatikan oleh pemerintah,

      bagaimana bisa maju kalau bantuan dari pemerintah saja syaratnya banyak , harus ini harus itu..

      Like

        1. iya mbak, kalau sekolah favorit bisa dengan mudah untuk menarik bayaran orang tuanya, namun kalau sekolah non favorit mereka takut untuk menarik biaya karena ketakutan tidak ada anak yang mendaftar

          Like

        1. karena pendidikan tidak akan terlihat secara tepat, butuh waktu bertahun tahun..maka dari itu mungkin bukan prioritas utama pembuat kebijakan,..karena tidak kelihatan.

          Like

  1. 7000 per ngajar ? 😦
    ibu saya dulu juga guru honorer, tapi tidak 7000 per ngajar. gatau gimana hitungannya, tapi beliau dapat sekitar 500ribuan per bulan, atau mungkin kurang sih,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s