Tiga pertanyaan penting ketika akan memulai proses pembelajaran.

image

Kalau seorang guru hendak mempersiapkan suatu pelajaran atau rangkaian pembelajaran ia harus memperhatikan beberapa faktor tertentu. Faktor tersebut salah satunya adalah tujuan pembelajaran.

Sebelum guru memulai mengajar yang sebenarnya di kelas dia harus memikirkan 3 pertanyaan penting terlebih dahulu. Dari jawaban pertanyaan itu akan menentukan isi pelajaran yang akan dia berikan dan jenis cara kerja yang akan dia pilih.

3 pertanyaan itu adalah;

  1. Bahan dan materi pelajaran apa yang harus diberikan kepada kelompok peserta didik ini atau itu?
  2. Apa yang diinginkan oleh guru dari peserta didik itu? Dan apa yang harus dikerjakan oleh peserta didik?
  3. Sejauh mana para peserta didik perlu mengetahui materi tersebut?

Untuk pertanyaan pertama; Guru tidak bisa sesukanya untuk memilih materi yang ingin dia ajarkan, namum perlu mempertimbangkan apakah materi tersebut masih berhubungan dengan keberlanjutan materi sebelum dan sesudahnya. Dia juga harus memperhitungkan apakah materi itu sederhana atau terlalu rumit, apakah materinya dapat diselesaikan dalam waktu singkat atau membutuhkan beberapa pertemuan.

Untuk pertanyaan kedua; masih ada hubungannya dengan pertanyaan pertama, ketika pemilihan materi sudah dilakukan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis kegiatan apa saja yang akan dilakukan peserta didik untuk mencapai “keinginan” guru, apakah mereka cukup mendengarkan saja dan mencatat poin poin penting, ataukah melakukan suatu eksperimen agar dapat menguasai materi tersebut.

Meskipun materi yang diajarkan sama, namun belum tentu daya serap ke peserta didik juga akan merata. Maka dari itu materi tersebut harus diolah dan disesuaikan dengan masing-masing kelas/kelompok.

Untuk pertanyaan ketiga; setelah menentukan jenis kegiatan yang dilakukan peserta didik maka jawaban yang terakhir menentukan dan membantu guru dalam memilih cara mengajar yang akan dia pakai. Andaikan guru hanya menginginkan peserta didik mengenal jenis jenis bidang datar maka peserta didik hanya perlu untuk mendengarkan penjelasan oleh guru, sedangkan jika guru menginginkan materi yang lebih lanjut maka diperlukan lagi latihan-latihan kepada mereka  atau mungkin sedikti eksperimen dengan waktu yang telah disesuaikan.

Dengan demikian peserta didik akan mendapatkan porsi yang sesuai, dan dapat memilah manakah yang penting dan mana tidak perlu diperhatikan secara mendetail.

Itulah tiga pertanyaan yang harus dijawab oleh guru sebelum menyusun rangkaian pengajaran. Karena ketiganya akan memberi garis arah serta tujuan pengajaran yang berkualitas.

Mengapa tujuan pembelajaran sangat penting? Karena tujuan itu justru akan membantu pengajar dalam mencari bahan yang akan diajarkan serta akan menyempurnakan susunan pengajaran.

Suatu tujuan pembelajaran dapat dikatakan sebagai tujuan yang operasional jika;

  1. Menyatakan kelakuan apa yang harus ditunjukkan oleh murid setelah suatu pembelajaran selesai diberikan.
  2. Menunjukkan terhadap bahan pelajaran apa peserta didik harus berkelakuan seperti disebut sebelumnya.
  3. Menunjukkan kapan hal itu harus tercapai.
  4. Menunjukkkan dengan sarana apa hal itu dapat dicapai.

 

Demikian semoga bermanfaat,

End.

12 thoughts on “Tiga pertanyaan penting ketika akan memulai proses pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s