Pengalaman Menjadi Anggota KPPS:  Bekerja lebih dari 24 jam

Terpaksa Pake Batik Karena Putih udah di klaim Paslon

Yups, prestasi TPS kami kali ini adalah mengirimkan kotak suara jam 08 pagi lebih dikit ke PPS, menjadikan kami sebagai TPS terlama se kecamatan 😂😂😂.

Apa yang membuat kami lama? Ya kerjaan kita banyak. Kita santai, gak terintimidasi oleh TPS lain yang konon abis jam 12 malam aja dah selesai yang ternyata hanya ada 64 pemilih.

Kita tergesa-gesa? Enggaklah . Yang mulai ribut tuh pengawas, PPS dan Panwaslu 😂😂. Kita mah santai, kalau kita belum selesai artinya mereka juga belum selesai. Jadi, suka enggak suka mereka ya nungguin di TPS. Kami masih makan pagi, wedangan, ngopi bahkan ngaso sejenak menjerengkan mata yang sehari semalam dipaksa melototin kertas.

Ketua kami malah berseloroh, kalau mereka ngribetin, kita sebaiknya tidur dulu kemudian dilanjutkan habis luhur aja. Karena kerjaan ini butuh ketelitian.

Start pukul 06.00 pagi dan penutupan tepat pukul 09.00. Praktis dalam jangka waktu tersebut kita tidak tidur sama sekali. Jangan tanyakan bagaimana ngantuk, capek, lunglainya kami.

Advertisements

81 thoughts on “Pengalaman Menjadi Anggota KPPS:  Bekerja lebih dari 24 jam

  1. Tps ku setor kotak suara nya subuh, lah tps sebelah malah jam 10 🤣

    Udah lunglai juga padahal harusnya jam 5 pagi berangkat kerja eeeh, malah disuruh libur beneran sama bos, gara2 si bos di daerahnya sono tau ada anggota kpps yg wafat karena kecapean

    Like

    1. wah ini benar-benar santai ya. Aku pikir, sebaiknya nanti kita kerjakan secara bertahap aja deh, Maksimal jam 12, istirahat sampai pagi, kemudian lanjut lagi keesokan harinya.

      Like

      1. … gaada istirahatnya kami mah, santai aja enggak juga, malah panik terus isinya, panik pingin cepet selesai mulu 🤣

        Kalau istirahat bisa sih, cuma pengawasnya biasanya ngasih waktu maksimal sejam doang 😒

        Like

  2. Kalau di tempatku yang tidak sopan dan memaksa supaya cepat selesai itu saksi partai mas. Bahkan, saat aku menulis rekapan c1 ke formulir DPR RI, si saksi memaksa agar segera merobek formulir yang sudah diisi. Ia nggak mau menunggu sampai aku selesai nulis :’) saksi di tempat mas seta begini kah?

    Jadi, aku dan teman-teman, kemarin cuma sempat ishoma aja mas. Terus lanjut lagi. Akhirnya aku pun sakit selama dua hari wkwk

    Like

    1. ada beberapa sih, sama. Namun yang paling bikin ribet adalah pengawas, minta ini dan itu, sampai saya bentak ” pergi keluar sana dulu, aku lagi kerja” gitu.
      Ketua KPPS juga santai berucap “lama biar aja, toh kita nanti ditemenin sampai selesai kok, ha ha..” bikin mereka tambah emosi. Kita makin memperlambat kerja dengan cara meneliti kembali semua isian, he he.

      Wah, full power juga mbak?. Aku malah udah sakit duluan sebelum Hari H, jadi ketika kerja tubuh rasanya melayang, sambil banyak minum obat tidak sesuai dosis, akhirnya nganttuukk, beraaat, suhu tubuh tak terkendali dan tak selera makan.

      Like

      1. Waduh, si pengawas minta apa mas? Di tempatku pengawasnya pasif. Dia malah sibuk mencatat ini dan itu.

        Enak ya ketuanya santai tapi serius. Di tempatku, ketuanya malah nggak istirahat mas. Paling cuma istirahat shalat dan ngerokok aja. Makan siang pun ia nggak makan sampai sore hari. Aku malah baru sempat makan siang lewat jauh dari ashar ckck karena ketuanya nggak istirahat, kami pun mengimbangi deh.

        Sebenarnya nggak full power kayak para bapak. Aku cuma mencatat aja. Tapi, ternyata tubuhku nggak kuat kalo melek non stop kaya gitu mas. Padahal aku udah izin pulang duluan jam 2 dini hari, lho. Tetep nggak kuat tumbang wkwk

        Kasian bener mas seta. Sekarang udah sehat kah? Semoga cepat sembuh ya, Mas Seta.

        Like

        1. Pengawasnya minta foto C1 Plano yang udah aku gulung siap dimasukin ke kotak, eh eh,,ya aku marah, hla tadi ngapain aja waktu dipasang ??

          Ketua kami berpesan, jangan terlalu diforsir, kalau sampai jatuh sakit dan itu parah, maka honor sedikit yang kami terima akan makin dikit rasanya, he he…
          Haduh enak bener jam dua udah pulang? dan tidur?? enaaknyaaaa..

          Sampai saat ini masih belum begitu pulih, eh udah dihajar lagi persiapan UNBK untuk besok. Makanya beberapa hari aku sama sekali tidak buka WP

          Like

          1. Wkwk mungkin pengawasnya sudah lelah jadinya lupa. Nambah kerjaan petugas kpps aja ya mas haha duh

            Bener banget itu. Aku kan petugas newbie ya, jadi menurut aja apapun alur di sana. Ternyata boleh ya sebenarnya kita rehat dulu. Toh batas akhir pelaporan hasil kan jam 12 siang.

            Besoknya tuh aku harus masuk kerja mas wkwk jadi aku tahu diri harus segera pulang. Kalo memaksakan diri pasti aku langsung tumbang tuh. Alhamdulillah bisa tidur 2 jam hehe

            Wah, semangat mas! Semoga cepat pulih yaaa

            Like

            1. gak ada batas waktu, kalau emang belum selesai juga mereka bisa apa? ha ha..mau diangkutin sendiri atau nulis sendiri di TPS? ..lucu lah.

              lelah apaaan, ngantuk iya.,seharian cuma duduk dan melototin Youtube.

              Enak banget jadi cewweeeekkk.ssemua bisa dimaklumi,
              makasih hlo mbak shinta, meskipun aku di blok.wk wk wk

              Like

              1. Iya juga ya wkwk lagi pula kalau kita sakit parah karena memaksakan diri, mereka nggak akan bertanggung jawab juga kan :”

                Iyakah? Aku nggak perhatiin si pengawas saking sibuknya dengan urusan tulis menulis ckck

                Ehehe para bapak di sini ambil cuti kerja mas esok harinya. Jadi mereka bisa mengerjakan tugasnya sampai pagi hari.

                Eh? Blok apa maksudnya mas?

                Like

              2. makanya, sebenarnya yang bisa memberikan tekanan itu kita, bukan mereka. Lagian Honor juga udah ditangan, he he..jadi mau apalagi??..

                ih kok aku jadi jahat sih.

                Like

  3. Wah, luar biasa dan salut untuk anggota KPPS. Ayu lihat dari pemberitaan di televisi kalau anggota KPPS bekerja dengan sangat luar biasa. Hormat dan salut untuk para anggota, yang kebanyakan adalah relawan ya.

    Semangat terus, Kak.

    Like

      1. Betul Kak…

        Tidak perlu terburu-buru. Lakukan sesuai dengan kemampuan, dengan tetap memegang prinsip2 jujur. Aman dan damai jadinya.

        Ya, ini yang sangat dan harus kita hindari, kesalahan. Apalagi dengan dinamika politik di negara kita sekarang, jujur dan transparant sangat-sangat penting.

        Terima kasih atas kerja kerasnya ya kak 🙏🙏

        Like

  4. Semangat!

    Di TPS tempatku nyoblos baru selesai jam 2 pagi keesokan harinya.

    Kalau lihat di berita banyak terjadi kecurangan, manipulasi data dan sebagainya terjadi di berbagai tempat.

    Mudah-mudahan masalah pemilu ini cepat kelar

    Like

          1. Yang kerja benar dan tuntas mesti diapresiasi. Yg berbuat curang mungkin segelintir saja dan terekspos.

            Adik ipar saya juga sama Mas jadi KPPS. Dia ngurus pemilu ini bareng yg lain bukan hanya di hari H tapi jauh2 hari.

            Like

  5. Untung gak jatuh korban ya Mas. Menurut berita di media, smpai saat ini sdh lebih dari 90 anggota KPPS yg meninggal d seluruh tanah air. Menyedihkan. Agaknya pemilu serentak ini perlu dievaluasi lg.

    Trmksh klian yg sdh jadi pahlawan pemilu.

    Like

        1. sangat Mbak, di kecamatan saya udah ada yang beneran meninggal murni karena lelah, .. ketika udah selesai beliau pulang, langsung tidur dan tak pernah bangun lagi.

          jadi tambah tekanan darah nih

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s