Horeee.. UNBK Usai

Di tengah hingar-bingar berita korban berjatuhan akibat kelelahan menjadi KPPS, ada satu berita yang luput dari perhatian, yaitu kami sudah menyelesaikan UNBK selama empat hari terhitung mulai dari 22 April kemarin hingga hari ini.

Pelaksanaannya ya gitu-gitu aja, diwarnai dengan website UNBK yang aduhai lemotnya kemudian mencari kambing hitam bahwa bandwidth nya kuranglah, peserta yang diluar dugaan lah, infrastruktur yang kurang lah, dan seribu alasan lain yang malah mengesankan mereka tidak memiliki kecakapan .

Hal ini menyebabkan kami terpaksa mengunggah daftar hadir dan berita acara ujian pada malam hari dan keesokannya ketika jalur internet udah sepi.

Tahun ini, saya sebagai teknisi dan proktor pertama kalinya tidak didampingi oleh ahlinya sama sekali. Saya terpaksa belajar dari nol sampai dapat membuat dan mengkonfigurasi jaringan lokal untuk keperluan UNBK ini. Meskipun gak canggih-canggih amat konstruksinya, tapi cukuplah untuk memenuhi kebutuhan kami, dan yang paling penting jika saya absen karena sesuatu hal, maka akan ada guru lain yang dapat memperbaikinya dengan mudah karena begitu sederhananya.

Saya juga membuat diagram bagian apa saja yang perlu disinggahi ketika masalah menghadang dan langkah apa saja yang harus segera dilakukan untuk menyelesaikannya.

Keterbatasan alat kami atasi dengan meminjam ke Sekolah Kejuruan terdekat yang memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, dengan jalur pertemanan untuk saling membantu menjadi lebih maju. Indahnya berbagi tanpa embel embel sewa.

Dari persiapan itu, saya menyadari bahwa ilmu komputer (yang standar) dapat dipelajari sendiri dengan bantuan internet begitu mudah. Saya mengistilahkan sebagai ilmu cepat. Karena seseorang dapat fasih merakit komputer sendiri dalam hitungan jam hanya dengan melototi youtube dan membaca tutorial di internet. Jadi bisa menkonfigurasi internet dan jaringan lokal hanya membutuhkan satu atau dua hari penuh secara intensif.  Beda dengan ilmu bahasa, ilmu jurnalistik, dan ilmu lain yang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk dapat menguasainya.

Saya sampai heran, ada beberapa orang yang pinter komputer malah pelit untuk membagi ilmunya, padahal dia sendiri dapat ilmu itu ya karena dari internet. Lagian itu ilmu gratis.

65 thoughts on “Horeee.. UNBK Usai

  1. UNBK itu ujian nasional ya? Uda lama sjak lulus sekolah, gatau lg deh apa istilah dan gmn sistemnya πŸ€”πŸ€”

    Like

    1. πŸ˜‚ iya, Ujian Nasional Berbasis Komputer, kemudian kalau ujian yang gak pake komputer dinamakan UNKP, singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil.

      Like

        1. oh, itu kita pake laptop. jadi masih bisa nyala 2 jam an laah. cukup untuk nyelesain tes. nah kalau pake pc. kita udah siapin genset…

          tapi sebenarnya PLN dan Telkom udah diwanti-wanti kok, waktu ujian jangan sampai jaringan listrik padam dan internet kacau.

          Liked by 1 person

    1. 😞😞 itulah beratnya jadi bawahan, selalu kebagian sesuatu. Apalagi yang berkarakter sok pintar seperti aku ni.. akhirnya menjadi korban 😞😞..

      Like

    1. mantaab jiwaaa, enak banget, bisa memanjakan diri , sayang sekali, aku ngajari anak kelas7, jadinya besok masuk seperti biasa. duhh.. rasanya ingin holideeeeee.

      maju banget SD Muhammadiyah di sana ya?

      Like

          1. Orang penting mah gitu, lupa rasanya istirahat. 😌

            Iya, karena sekolah Muhammadiyah yang lain paling tidak dekat dengan jalan raya. πŸ˜‚
            Coba cari tahu langsung tentang SD Muhammadiyah 9 Malang 😊

            Like

              1. Iya, ini malah masih dalam masa-masa kritis mendekati deadline.πŸ˜…

                Ada juga yang sudah masuk ke oercetakan untuk protes cetak. Oh ya, mampir instastory saya ya, bantu ikut vote cover.😁

                Like

              2. yah.. konsepku ternyata salah ya selama ini.

                aku dah liat ig nya, aku pribadi lebih memilih yang nomor dua sih. yang nerbitin suara Muhammadiyah??

                Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s