Pure Writer: Aplikasi Untuk Penulis 

Assalamu’alaikum.

Saya masih menggunakan smartphone entry level jadul *Xiaomi Redmi 2* yang hanya memiliki RAM 1 Giga.  Karena belum memiliki keinginan untuk berganti smartphone yang lebih canggih lagi. Dengan RAM segitu makanya untuk menjalankan aplikasi yang kekinian, lemotnya luar biasa. 

Bahkan aplikasi WordPress saja masih stuck di versi 5. Karena kalau memaksakan diatasnya, pengalaman menggunakannya tidak akan nikmat. Tak lincah. Asal kalian tahu, saya lebih banyak menyusun postingan di blog melalui smartphone. Jadi jelas aplikasi pengolah kata yang ringan wajib punya disamping menggunakan editor wordpress.

Dari berbagai pilihan yang ada, saya jatuh hati pada Pure Writer. Aplikasi ini sangat cocok dengan saya. Yang menawarkan banyak kemudahan untuk menulis dan mengedit postingan. 

Pertama, Ringan dan cepat. Ketika saya membuka aplikasi ini maka langsung masuk ke dalam editornya dan siap digunakan. Menulis pun menjadi lancar bagai air sungai yang mengalir.

Kedua, memiliki fitur penghitung kata. Fitur ini sangat berguna bagi penulis yang ingin mengetahui jumlah kata yang sudah ditulis. Letaknya sangat asyik, di pojok kanan atas. Sehingga penulis akan langsung mengetahuinya tanpa perlu masuk menu ini dan itu. Sepertinya sepele namun sangat mengganggu bagi sebagian orang. Kan ada tuh kontes menulis yang memberikan batas minimal kata.

Ketiga, berbasis awan. Pure writer dapat menyimpan secara permanen hasil ketikan secara langsung di cloud. Jadi tidak akan khawatir kehilangan hasil pekerjaan.

Keempat, memiliki Time Machine. Ini semacam histori yang dapat kita lihat tanpa batas. Ketika saya mengetik kemudian tak sengaja meninggalkannya, saya mendapati masih sama persis dengan apa yang saya tinggalkan tadi. Beuh.. kok belibet bahasanya.

Kelima, background yang bisa diganti. Saya pribadi sangat menyukai aplikasi yang memiliki latar belakang yang bisa dikustomisasi. Menyesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar. Kadang ingin terang kadang juga gelap-gelapan.

Selain itu, Pure Writer juga memiliki banyak fitur-fitur standar lainnya misalkan kapital otomatis, paragraf indent, font dan lain-lain. Tapi disini saya tidak membicarakan hal teknis, karena dapat Anda dapatkan sendiri di Playstore.

Biasanya, setelah saya puas mengetik di Pure Writer kemudian saya pindahkan ke editor WordPress. Bahkan postingan ini saya ketik menggunakannya.

Wassalam.

22 thoughts on “Pure Writer: Aplikasi Untuk Penulis 

  1. Wah, mantap ni aplikasi. Btw, klau nulis offline bisa kan pakai aplikasi ini? Sy kdang langsung di app wp reader sja atau notepad.
    Kyaknya sy perlu coba ni Mas Seta. Maklum, hp sj jg RAMnya kecil 😂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s