Ujian Praktik SIM C di Jalan Raya

Salam Pramuka! 

Menyambung postingan sangat lampau mengenai tips lolos ujian praktik SIM C, maka dibawah ini merupakan lanjutannya. 

Ujian untuk mendapatkan SIM C ada tiga jenis, pertama ujian teori, kedua Ujian Praktik melewati rintangan dan yang terakhir Ujian Praktik di jalan raya. Lazimnya kami menyebut Ujian Praktik I dan Ujian Praktik II. 

Ujian Praktik di jalan raya bisa terlaksana jika sudah lulus ujian teori dan ujian praktik rintangan. Beratnya cobaan juga tidak begitu sadis seperti ujian pertama.  

Tips Ujian Praktik I bisa diklik disini

Caranya sangat mudah. Sebelum kita memulai, petugas akan memberikan keterangan rute yang akan kita lalui dan poin apa saja penilaiannya serta apa yang harus kita lakukan di jalan raya. Setelah itu kita akan memakai rompi berwarna oranye yang bertuliskan Ujian Praktik  II. Dan jangan lupa mengenakan perlengkapan berkendara yang sesuai. Setelah itu kita akan memasuki jalan raya. Apa yang menjadi teori dasar lalu lintas kita laksanakan disini. Misalkan sein kanan dan kiri,  berhenti di belakang zebra cross,  mendahulukan kendaraan yang berasal dari jalan utama, mengatur kecepatan sesuai dengan rambu lalu lintas dan masih banyak lainnya. Yang jelas, Ujian Praktik II ini hanya seperti naik motor biasa dijalanan. Bahkan kita akan merasa ini bukan sedang ujian. 

Sesampai di markas kita akan langsung mendapatkan acc untuk masuk ke ruang sidik jari dan foto. Selang beberapa menit antri maka SIM sudah ditangan. 

Have a great Tuesday. 

14 thoughts on “Ujian Praktik SIM C di Jalan Raya

  1. sayangnya di tempatku ujian sim yang kedua, ujiannya harus berjalan melewati cone penghalang dengan berjalan zig zag. dan itu sangat sulit.
    dari 10 peserta, mungkin hanya 1-2 yang lolos.
    tapi entahlah kalau sekarang, semoga tidak diribetkan seperti ujianku dulu, yang mengisyarakatkan bahwa untuk mendapat sim memang harus memakai jalur kedua

    Like

    1. Memang sulit mas, tapi bukan mustahil. Saya pertama kali gagal, kemudian berlatih selama dua hari dengan arahan pak polisi, akhirnya berhasil melewati. Yang paling bikin grogi adalah di liat banyak orang

      Liked by 1 person

  2. Aku dua kali bikin sim kok nggak ad ujian di jalan raya ya?

    Klo dulu pas pertama si emang aku akui pakai jalur cepat wkwkwkwk
    Tapi pas yg kedua ini yg pke jalur standar kok nggak ada ya? Cuma uji materi sama prakt melalui rintangan gtu doang. Kata diang bkn brrti meremhkan krna kmrin hampir saja tdk lolos hahahaha

    Like

    1. Memang jarang banget mas, sebelum aku aja emang gak ada. Sesudah aku juga gak ada.. Pas aku ada penilaian dari atasan kayane.

      Emang jarang ada karena sudah pasti lulus kok

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s