Kesalahan Yang Ditolerir

Jika seseorang bekerja dan melakukan kesalahan, pasti mereka akan menanggung malu atau paling parah mereka akan kehilangan pekerjaan. Namun ada beberapa kesalahan pekerjaan yang malah akan menjadi bagus. Salah duanya adalah arsitek dan tukang gambar.

Keduanya akan mengklaim kesalahan yang mereka perbuat sebagai sesuatu yang unik, sesuatu yang menjadi ciri khas, dan sebagai masterpiece karyanya.

Saya berikan contohnya, seorang tukang bangunan yang membuat menara. Dia tanpa sengaja melakukan kesalahan dengan konstruksi pondasi yang buruk sehingga mengakibatkan bangunan tersebut menjadi miring. Setelah jadi, tukang bangunan bisa-bisanya mengatakan bahwa itu merupakan kesengajaan,  dan menyatakan sebagai salah satu ciri khasnya. Dengan asumsi yang seperti ini, orang diluar konstruksi juga akan menganggapnya sebagai maha karya seni yang tinggi. Padahal mah,  yang bikin hanya senyum-senyum saja. 

Jadi, jika kalian melihat suatu karya yang bagus, jangan langsung memberikan penilaian pembuatnya itu melakukan dengan sengaja,  namun karya itu tak lebih dari kumpulan-kumpulan kesalahan yang tidak kita ketahui sebenarnya.

Maka dari itu sering kita menjumpai seorang tukang gambar yang tidak bisa lagi membuat karya yang luar biasa untuk kedua kalinya. Karena seperti yang saya sebutkan di atas, karya itu hanyalah sekumpulan kesalahan. 

Have a great Monday. 

12 thoughts on “Kesalahan Yang Ditolerir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s