Tips Melewati Ujian Praktek SIM C

img_20170119_110244

Untuk mendapatkan SIM C dengan benar, kita di haruskan untuk melewati dua ujian, yaitu ujian teori dan ujian praktek. Untuk ujian teori sangatlah mudah, Anda tinggal belajar dari Internet mengenai rambu-rambu lalu lintas dan bagaimana bersikap di jalan raya, maka dengan mudah Anda pasti dapat dengan mudah mengerjakannya. Misalkan Anda berada di gang dan ingin belok kanan, nanti akan muncul pertanyaan manakah yang di dahulukan. Oh ya pastikan Anda mendengarkan melalui headset dan perhatikan secara detail ya.

Sedangkan dalam ujian praktek inilah yang menjadi momok untuk pencari SIM C jalur benar. Teori-teori tidak akan berguna jika tidak pernah melatihnya.

Dalam ujian praktek kita diharuskan melewati 5 rintangan.

  1. Mengendarai motor lurus
  2. Mengendarai motor zigzag
  3. Mengendarai motor dalam rute berbentuk angka 8 sebanyak 3 kali.
  4. Mengendarai motor dalam rute berbentuk huruf Y (ujian reaksi)
  5. Mengendarai motor dalam rute berbentuk huruf U.

Saya bahasa satu demi satu:

Sebelum di mulai, gunakan semua alat keselamatan standard motor terutama helm. Jika Anda nekat tidak memakai helm ketika ujian praktek berlangsung. Hanya dalam sekian detik Anda pasti di suruh pulang oleh Pak Polisi, karena itu termasuk melanggar peraturan lalu lintas paling dasar.

Okay kita mulai dan perhatikan. Lengan dan bahu harus rileks dan lemas ketika mengendarai motor dan bukaan gas berusahalah anda konstan – ajeg.

Rintangan zig-zag ada dua, yang pertama adalah yang rapat dan yang kedua lebih renggang. Untuk yang rapat jelas lebih sulit, meskipun kelihatannya mudah.

Untuk melewatinya , saya akan memberikan tips dan trik agar bisa dengan melewatinya dengan mudah.

Pertama, untuk melewati zigzag kita diharuskan menggunakan gigi 2 agar motor tidak terlalu menyentak ketika di puntir gasnya yang berakibat sulit dikendalikan. Perhatikan jejak roda depan, cobalah beberapa tempat dimana anda bisa dapat pas untuk melewati cone yang kedua dan seterusnya, karena rintangan (cone) yang pertama sangat berpengaruh untuk melewati cone selanjutnya.

Kedua, ketika berbelok usahakan dengan keyakinan penuh (belok dengan yakin) tidak perlu ragu ragu. Tidak usah takut akan jatuh.

Ketiga, ketika mengurangi kecepatan usahakan menggunakan rem kaki. Jangan pernah sekali-kali menggunakan rem depan, karena ini  mengakibatkan anda kesulitan untuk mengendarai motor.

Keempat, ketika ingin menambahkan kecepatan agar tidak jatuh, usahakan Anda tidak  melepaskan rem, namun berusahalah dengan menambah bukaan gas.

Kelima, gunakan juga tubuh untuk menyeimbangkan motor agar stabil. Keenam, usahakan kecepatan di 10km/jam.

Saya sendiri memiliki trik untuk memajukan badan sampai paling ujung jok, agar memudahkan berbelok. Namun trik ini tidak berlaku untuk teman-teman yang lain. Ada juga teman yang lain melepaskan gas ketika memasuki cone, dan membuka gas ketika akan jatuh.

Angka 8.

Kita diharuskan untuk melewati rintangan angka 8 sebanyak 3 kali, dengan syarat tidak boleh jatuh dan roda depan tidak melewati batas yang telah di tetapkan.

Ketika menemui rute yang berbentuk angka 8, jangan sekali-kali melihat roda depan. Jika Anda selalu melihat roda depan, maka radius putaran anda akan terlalu lebar. Usahakan melihat kearah luar lingkaran yang lain-lingkaran terluar, dengan begitu Anda akan tidak takut dengan kemiringan motor Anda. Untuk melakukannya Anda harus memiringkan badan agar mudah berkelok kelok dengan lancar.

Kalau ingin jatuh tambahkan bukaan gas.

Huruf Y

Kalau rute yang huruf Y sih mudah banget, gak perlu dibahas panjang lebar. Tujuannya untuk melihat reaksi kita ketika ada rintangan kanan atau kiri yang datang secara tiba-tiba.

Huruf U

Sedangkan rintangan yang berbentuk huruf U, rintangan terakhir. Anda tidak akan bisa melewatinya tanpa merebahkan badan dan motor kita kearah dalam tikungan. Sebelum menikung, sebaiknya anda ke tengah dulu untuk menambahkan radius putar agar lebih lebar.

Sekali lagi, perhatikan jejak roda depan Anda. Dan pelajari bagian mana Anda dapat melakukannya dengan mudah.

img_20170119_103701

Dari kesemua trik itu tadi, yang paling menentukan adalah suasana emosi dan pikiran kita sangat menentukan. Berusahalah tenang, santai dan sabar. Memang tidak akan sekali dua kali latihan langsung bisa, tapi butuh beberapa kali. Aku sendiri butuh latihan 3 hari berturut turut baru bisa menyelesaikannya dengan lancar dan santai.

Perhatikan penjelasan dari polisi ketika sedang briefing sebelum ujian, penjelasan itu semua nanti akan berguna.

Dengan lulus ujian praktik ini, saya dapat mengendarai motor dengan lincah dan santai ketika di dalam kota. Benar-benar sangat berguna.

Jika berhasil, maka langkah selanjutnya adalah ujian praktek di jalan raya. Ini sangat mudah. Pasti lulus.

Have a nice day bro. Semoga berhasil.

 

 

Advertisements

One thought on “Tips Melewati Ujian Praktek SIM C

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s