Joke Garing: Penjual Apakah yang Paling Aman Dari Pencurian?

Assalamu’alaikum.

Kalau para jantan sedang berkumpul biasanya saling mengeluarkan joke garing. Supaya suasana menjadi cair. Kadang garingnya sangat keterlaluan sampai-sampai kami gak tau harus gimana lagi bereaksi selain menyeringai. Salah satunya ya seperti dalam judul itu.

Gini garingnya:

Hayo nda tak takon, bakul opo sing ora bakalan wedi kemalingan?”

Dalam bayangan kami, penjual ini memiliki brankas gede, tebal dan banyak gembok berantai raksasa yang menggantung di jendela dan pintu bergerigi. Atau dia memiliki tempat di sebuah pulau terpencil, atau berumah ditepian tebing tinggi dan curam, atau bahkan berdiri diatas awan.

Kami mengkaitkan apa saja yang sekiranya cocok dengan banyolan itu. Bahkan ada yang sampai melihat primbon internet. Google. Tapi setelah agak lama kamipun menyerah jua.

Melihat kami berpikir dan kebingungan, dianya udah gak sabar memberikan jawaban yang tepat.

Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah penjual pernak pernik kematian. Yang menawarkan nisan, peti mati, bunga, minyak wangi, kemenyan dan kain mori.

***

Kalian bisa perhatikan saja sendiri bagaimana cara menggelar dagangannya. Mereka hanya menaruh sembarangan di teras depan toko dari hari ke hari. Tak satupun yang dipindahkan meskipun panas dan hujan. Ketika melewatinya di pagi, siang dan malam, kalian akan mendapati keadaan yang sama. Tak ada rutinitas kesibukan menata barang dagangan, malam memasukkannya kembali kedalam seperti pedagang yang lain.

Pernah saya bertanya pada penjualnya gini. “Pak. Kok sembarangan gitu gelar dagangannya? Tak takut dicuri orang, ya?”

Bapak itu menjawab ringan. “Biar aja mereka mencuri. Toh nantinya mereka juga akan kebingungan sendiri. Karena gak bakalan laku untuk dijual kembali. Ha ha.” 

Saya juga mikir, ngapain juga kurang kerjaan maling gotongin nisan atau peti mati? Untuk persiapan rumah masa depan ya?

By the way. Bagi kalian yang sedang kebingungan mencari peluang usaha tak banyak saingan. Rasanya ini akan menarik banget. Blue ocean strategy nih.

Wassalam.

25 thoughts on “Joke Garing: Penjual Apakah yang Paling Aman Dari Pencurian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s