Kegiatan Untuk Menghabiskan Menit Terakhir Ketika Mengajar

Setiap materi tidak akan menghabiskan waktu yang sama dalam tiap kelas. Semuanya tergantung peserta didik yang aktif atau tidak. Ada kelas yang bisa mencapai tahap pengayaan, ada juga yang hanya mampu membahas konsep inti tanpa bisa mengembangkan ke tahap yang lebih jauh dan komplek.

Ketika kami mengajar kelas yang peserta didiknya maju, maka 2 jam pelajaran akan terasa lama. Seringkali terdapat sisa waktu hingga 20 menit sebelum bel pelajaran berganti. Bagi guru yang nakal, mereka juga akan langsung menyudahi pelajaran itu juga, sehingga membuat gap pergantian pelajaran menjadi ramai dan tidak kondusif lagi untuk belajar.

Untuk guru yang berdedikasi tinggi (atau mungkin takut dengan atasan), sisa sisa waktu tersebut akan sangat terasa lama dan membingungkan. Apalagi materi yang sudah diajarkan sudah habis, soal yang dikerjakan sudah lagi tidak ada. Ingin membahas materi baru juga bukan merupakan kegiatan yang tepat. Maka dari itu guru membutuhkan kegiatan yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu yang tersisa.

Kegiatan yang paling umum adalah

  • Mereview materi yang sudah disampaikan.
    • Ini merupakan kegiatan yang paling umum dilakukan oleh guru, review bisa sebagian atau seluruhnya dengan menyampaikan poin poin yang penting di bahas kembali. Review juga bisa pertanyaan atau soal soal sederhana tapi dengan jangkauan yang lebih luas.
  • 20 Pertanyaan yang relevan dengan materi.
    • Peserta didik diminta kedepan untuk membuat satu pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan, kemudian yang tidak bisa menjawab diminta kedepan untuk membuat satu lagi pertanyaan yang berbeda dengan yang pertama, dan kemudian selanjutnya.
  • Read aloud.
    • Trik ini hanay berlaku untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, kegiatan ini bertujuan untuk menyempurnakan pronounciation mereka. Peserta didik diminta membaca dengan keras dan nyaring beberapa teks Bahasa Inggris sedangkan peserta lain menyimak sambil menunggu giliran. Guru bertugas untuk membenarkan dan memberi contoh pengucapan yang baik dan benar.
  • Jurnal harian.
    • Peserta didik diminta untuk membuat semacam refleksi diri tentang kegiatan belajar yang telak di ikuti. Peserta didik dapat menuliskan kesulitan-kesulitannya, hal – hal yang menyenangkan, dan rencana  yang akan dilakukan kedepannya untuk mengatasi kesulitan -kesulitan tersebut.
  • Vocabulary building dengan menyambung huruf terakhir yang ditulis dipapan tulis, misalnya, read – doll -like -easy – yes -storm – milk – know – when dan seterusnya sampai semua peserta didik mendapatkan giliran.
  • Bercerita yang memuat nilai moral yang tinggi.
    • Cerita dapat diambil dari internet atau sebaiknya memiliki buku khusus yang berisi tentang cerita cerita bagus. Buku semacam Chicken Soup sangat direkomendasikan.

Masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu yang tersisa, semuanya tergantung kreatifitas guru masing masing. Semua hal bisa dimasukan asalkan masih berkaitan dengan pelajaran.

10 thoughts on “Kegiatan Untuk Menghabiskan Menit Terakhir Ketika Mengajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s