Menggunakan puzzle wordsearch untuk meningkatkan Vocabulary

image

Minggu yang lalu adalah hari pertama masuk sekolah setelah 2 minggu liburan akhir semester. Hari pertama adalah hari yang menyebalkan baik untuk guru dan apalagi muridnya, hihi. Masih dalam tahap penyesuaian dari malas dan gak mikir ke tingkatan mikir dan banyak tugas disertai ngantuk. Maka dari itu jika aku langsung masuk materi pembelajaran pastilah hasilnya tidak akan maksimal, jadi aku mengakalinya untuk pemanasan materi english menggunakan puzzle. Puzzle yang aku gunakan adalah Wordsearch, disamping mudah cara membuatnya juga akan lebih mudah lagi bagi siswa untuk mengerjakannya (hanya menghabiskan waktu 2 jam pelajaran penuh, hi hi). Tujuannya memang hanya sekedar hiburan dan mengurangi kejenuhan, tidak akan menghubungkan dengan K.D KD an.
Untuk membuatnya aku tidak perlu susah susah pake aplikasi macam macam, aku hanya menggunakan situs puzzle maker online theteacherscorner.net dan menyiapkan kata kuncinya di word (agar kita bisa tahu berapa banyak kata dan bisa disimpan lagi untuk materi selanjutnya jika sewaktu waktu dibutuhkan), setelah kita ketik di word sesuai dengan tema yang akan kita ajarkan maka copy n paste kan ke situs penyedianya dalam sekejap (tanpa perlu mikir banyak) akan jadi sebuah puzzle yang unik sesuai dengan keinginan kita. Kita tinggal langsung cetak atau simpan dalam bentuk *pdf. ( I recommended you saved it into pdf format, because it can be used several times).
Beberapa kesulitan yang ditemui dalam penerapan ini:
1. Siswa akan sulit menemukan kata jika kita tidak menyertakan wordlist dibawahnya, bahkan meskipun kita sudah memberikannya mereka masih juga kesulitan.
2. Tanpa menggunakan kamus adalah kemustahilan.
3. Aku mencoba untuk menggunakan sebanyak 30 baris dan kolom yang ternyata terlalu banyak sehingga yang paling cocok adalah 25 atau 20
4. Siswa akan kesulitan untuk menemukan kata jika arahnya adalah diagonal ke kiri dari bawah.
5. Efektif untuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang, aku sudah mencoba untuk 4 orang tapi kenyataannya satu anak hanya bengong dan tidak menunjukkan kerjasama yang baik. Jika hanya 2 orang maka siswa dipastikan akan kesulitan.
6. Siswa yang cerdas belum tentu cepat menyelesaikan puzzle ini, biasanya anak yang kreatif dan suka usil dikelas malah menunjukkan hasil yang mencengangkan.
7. Hindari menggunakan kata – kata yang hanya memiliki satu suku kata, misalnya ox, no, yes, bit dll. Kadang kata-kata ini secara tidak disengaja terbentuk dengan sendirinya.
8. Berikanlah tema, sehingga siswa tidak akan melebar kemana-mana, bisa kalian kasih tema misalnya binatang, tumbuhan, benda sekitar, profesi dll. Siswa akan kesulitan jika kita mengambil tema verb dan adjecive.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s