Menggunakan Crossword untuk peningkatan Vocabulary

image

Masih dalam usaha untuk memperbanyak kekayaan kosa kata dalam bahasa inggris (vocabulary building), kali ini aku menggunakan media teka teki silang (crossword) sebagai bentuk kegiatan yang menyenangkan. Siswa diarahkan untuk membuat crossword sederhana yang harus selesai dalam satu pertemuan. Untuk kemudian hasilnya dikerjakan oleh kelompok yang lain.
Untuk jumlah ideal kelompok masih sebanyak 3 orang. Jika 4 orang atau lebih maka yang bekerja hanya 2 orang sedangkan yang lain sebagai pengamat dan pengganggu kegiatan pembelajaran.
Anak anak sebaiknya dikasih kertas bergaris (cartesius/buku strimin) sehingga mudah untuk membuat kotak kotaknya. Jika tidak ada kalian bisa menggunakan google untuk mencari printgraph, disitu kita bisa dengan mudah mencetak kertas dengan berbagai ukuran dan isi.
Untuk pembuatan crosswordnya saya menggunakan aplikasi ECLIPSE CROSSWORD yang bisa diunduh secara gratis. Kita hanya perlu menyiapkan pertanyaan dan jawaban kemudian aplikasi akan secara otomatis membuatkan kita berbagai model teka teki silangnya. Andaikan akan membuat secara manual melalui word atau excel ya bisa bisa aja sih, tapi nanti akan kesulitan jika ingin menerapkan model yang lain dengan kata kunci dan pertanyaan yang sama. Triknya jika ingin membuat secara manual adalah membuat daftar jawaban dulu baru menyusul pertanyaannya, hal ini akan mempermudah kita dalam menyusun kotak kotaknya.
Kegiatan ini jika gurunya kreatif maka akan bisa dimasukan ke dalam KD berapapun, asal masih ada hubungannya dengan materi tersebut (bahkanPKn pun ikutan membuat yang seperti ini, hi h..but sorry I never told to them that I made these crossword using app, I just tell them im using excel, hi hi).
Untuk tema bisa bebas aja, aku sering menggunakan nama ibukota atau nama makanan atau minuman yang umum misalnya jakarta, sprite, cocacola, tapi jangan pernah menggunakan produk yang memiliki konotasi negatif misalkan rokok, kondom. Tidak usah dijelaskan secara panjang lebar kita sebagai teacher juga pasti udah paham.
Kesulitan yang dihadapi siswa adalah kreatifitas masing masing berbeda, sehingga ada anak yang dengan cepat selesai dan ada juga yang waktunya tidak cukup hanya 2 jam pelajaran. Siswa juga akan mengalami kesulitan jika menjawab sebuah pertanyaan yang berisi titik titik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s