Keyhole Garden : Solusi Untuk Yang Sakit Punggung 

Selamat pagi teman-teman, 

Mari kita berkebun lagi. Pada postingan terdahulu saya membahas tentang teknik zai untuk mengatasi lahan yang kering. Nah sekarang saya perkenalkan yang namanya Keyhole Garden.  Hlah apa hubungannya? Keduanya merupakan solusi juga untuk daerah kering. 

Yok mulai pembahasannya,  Keyhole Garden jika diterjemahkan dengan bebas artinya kebun yang bentuknya seperti lubang kunci. Iya memang benar, bentuk kebun yang saya akan bahas kali ini bentuknya seperti lubang kunci. Kalian bisa melihatnya digambar. Ada alasannya kenapa berbentuk seperti itu. 

Sejarahnya, Keyhole Garden  ini dikembangkan di Lesotho sana – Afrika lagi-mereka memang selalu dijadikan bahan percobaan. Untuk memberikan solusi bagi orang/petani yang sakit pinggang dan punggung dimana kondisinya tidak bisa membungkuk atau bekerja seperti orang normal.

Maka dari itu mereka mencari solusi bagaimana caranya agar orang yang seperti ini dapat lebih produktif dan mandiri dalam hal pangan. Juga karena sebagian besar dari mereka tidak mau hanya dirumah saja seperti pesakitan.

Gak enak hlo nganggur dirumah tuh, yang kegiatannya hanya tidur dan makan. 

Akhirnya muncullah Keyhole Garden  ini. Sebuah kebun mungil yang letaknya di dekat rumah. Yang berisikan berbagai macam tanaman sayuran berumur pendek untuk mencukupi kebutuhan bahan makan sehari-hari.

Pembuatannya juga tidak begitu sulit, hanya membutuhkan beberapa bahan seadanya yang ada disekitar rumah.

Perbedaan mendasar dari Keyhole Garden ini adalah di tengah tengahnya terdapat sebuah lubang lebar. Lubang ini berguna untuk tempat pembuangan sampah dapur seperti sisa sayuran yang tidak terpakai. Lubang ini juga dapat difungsikan sebagai tempat pembuangan grey water. Eh apakah itu grey water? Grey water itu adalah air sisa untuk keperluan rumah tangga, misalnya air sisa cucian, mandi dan lain-lainnya. Karena warnanya keruh dan abu abu maka orang bule sana menamakannya grey water.-kosakata mereka terbatas yak. 

Di sekeliling lubang itu ada tanah yang ditinggikan yang dibatasi oleh dinding batu atau kayu. Ketinggiannya diusahakan tidak lebih tinggi dari dada yang punya, dan tidak lebih rendah dari pinggang. Di sengaja demikian agar mereka tidak perlu membungkuk ketika melakukan pekerjaan di kebunnya. 

Tanah ini nantinya berfungsi sebagai media tanam apa saja. 

Kesuburannya akan didapatkan dari lubang tengah itu. Sampah yang ada akan membusuk dan menjadi kompos. Nah kompos inilah yang nantinya akan menjadikan tanaman subur karena unsur haranya terpenuhi. Air buangan limbah rumah tangga juga akan membuat tanah menjadi lebih awet basah. Jadi tidak perlu lagi disirami dengan air terpisah. 

Dengan demikian kebun ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Empunya hanya cukup menanam,  buang sampah dan air di lubang tengah itu. Maka dalam beberapa waktu tidak terasa mereka dapat memanennya.

Oh ya,  coakan ditengah itu berfungsi untuk lewat orang yang akan membuang sampah di lubang. 

Semoga bermanfaat 

Have a nice day bro.

46 thoughts on “Keyhole Garden : Solusi Untuk Yang Sakit Punggung 

  1. Wow that small garden is great but I’m not able to understand what actually is happening. So will you please translate a bit for me to get it. Not the whole post but just a summary of it.!!

    Liked by 1 person

    1. It’s all about a little garden. The garden is shaped like Keyhole.

      Its help people who had backache. They can’t bow their back to cultivate the farming, so that we created that garden.

      In the middle of the garden, we put a hole. The hole is place for grey water and vegetables also waste from the kitchen. This vegetable and waste will turn into compost. And grey water keep the soil always wet.

      The mainy plant is vegetable.

      If you don’t understand my English, just copy my post and paste onto Google translate, my language is Bahasa Indonesia

      Like

    1. Iya mbak, betul sekali.. Sama lah, di sini juga namanya seperti itu bdw tau banyu leri enggak??

      Saya pernah punya mbak, tapi dulu dibongkar babe karena mengganggu, dan ini Saya baru mau bikin lagi mbak, untuk kegiatan liburan, ini baru mengolah kebun

      Like

  2. Wuih, bnar2 kreatif ya moda berkebunnya, langsung dipraktekkan langsung oleh Mas Seta.

    Asyik ya berkebun, aplgi saat liburan sprti skrg.

    Mksh atas share ttg jnis brkbunnya Mas Seta. Mantap

    Liked by 1 person

  3. Iya mas.. aku suka sama tampilan looknya aja.. kalo ngeerjainnya agak malas.. maklumlah aku ga begitu suka berkebun mas.. tapi setelah baca blog mas aku jadi makin penasaran ama keyhole garden ini.. hhaha

    Like

  4. in sya’ allah saya mau pindah ke daerah yang masih banyak areal kosongnya. mau coba bikin ah. thanks pak guru.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s