Guru TK Yang Memiliki Kalimat Sakti 

Beberapa teman guru TK yang senior selalu punya senjata utama kepada mantan muridnya yang berlagak. Jika mereka beranjak dewasa dan mulai bertingkah, maka dia akan berkata dengan halusnya, "Hei, nak! Tau gak dulu waktu di TK kalau kamu pipis yang natur siapa? Yang gantiin celanamu kotor dan basah siapa? Siapa pula yang membersihkan pantatmu ketika … Continue reading Guru TK Yang Memiliki Kalimat Sakti 

Advertisements

Ngambek Tak Mau Bersekolah 

Jadi gini, ketika mau memilih sekolah, seorang anak pasti mempunyai pilihannya sendiri-sendiri. Alasannya sih macam-macam, ada yang memilih karena sekolah favorit, karena dekat, karena transportasi mudah, karena banyak cowoknya, karena bisa ngaji dan lain sebagainya. Namun pada umumnya mereka memilih disebabkan oleh temannya yang banyak bersekolah di situ. Tak seperti beberapa tahun kemarin yang mana … Continue reading Ngambek Tak Mau Bersekolah 

Apa itu Canon Creative Park? 

Hai, Selamat Malam teman-teman.Sebelumnya saya mohon maaf untuk gambar yang asal-asalan. Canon Creative Park akan meningkatkan level kreatif kalian setingkat lebih tinggi. Intinya adalah situs ini menyediakan kerajinan yang terbuat dari kertas. Kalian tinggal memilih, mengunduh, mencetak, kemudian merakitnya sendiri. Jadi deh. Ini tidak membutuhkan printer khusus, cukup printer inkjet biasa. Dan tidak harus menggunakan Canon. … Continue reading Apa itu Canon Creative Park? 

Cara Bernafas Unik di Kelas

Candaan berumur tua yang sering saya lakukan di dalam kelas seperti ini. " Hei, Kids. Tau enggak kalian? Tak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk bernafas sambil menjulurkan lidah, lho. Meskipun kelihatan mudah, tapi hanya orang yang memiliki bakat sejati yang bisa melakukannya dengan sempurna." Sejurus kemudian, beberapa anak melakukan percobaan di kelas. Mereka bernafas … Continue reading Cara Bernafas Unik di Kelas

Hari Pertama Masuk Kelas

Kadang di dalam kelas saya suka bercanda jika anal-anak sedang buntu. Contohnya hari itu, mereka saya biarkan untuk bertanya hal-hal yang diluar pelajaran. Seperti ini salah satunya, " Mr. Saya kan punya temen banyak to, cowok dan cewek, beberapa diantara nya tuh ada yang sok kaya banget, bilang inilah bilang itulah, pokoknya tinggi-tinggi deh omongannya. … Continue reading Hari Pertama Masuk Kelas

Tempat Favorit Menyembunyikan Handphone

Kami memberikan kebijakan melarang anak membawa hape di sekolah. Jika terpaksa harus membawa (untuk jemputan) mereka kami wajibkan untuk menitipkan dulu di ruang BK. Namun, pada pelajaran tertentu, Misalkan mata pelajaran PKn yang membahas isu politik terbaru atau IPS yang mendiskusikan mengenai perkembangan ekonomi. Beberapa guru membutuhkan internet untuk referensi yang kekinian yang tidak ada … Continue reading Tempat Favorit Menyembunyikan Handphone

Ketika Saya Bertemu Anak-anak di Malam Tahun Baru 

Karena saya orang yang bersifat normal. Hampir tiap malam tahun baru selalu keluar untuk menikmati suasana. Meskipun yah gitu-gitu aja sih, kalau tak dangdutan, ya hiburan band-band lokal jrang jreng gedebak gedebuk gak jelas. Mau tak mau ya saya harus menikmati. Karena acara tahunan, tentu sahaja banyak orang tumpah ruah di jalanan. Ada yang naik … Continue reading Ketika Saya Bertemu Anak-anak di Malam Tahun Baru 

UNBK – Bagaimana Dengan Sekolah Yang Minim Fasilitas ?

Jika sekolah ingin melaksanakan UNBK namun fasilitas tidak memadai. Misalkan tidak memiliki laboratorium komputer, tidak memiliki jaringan internet, komputer nya tidak cukup dan kendala lain. Ada beberapa pertanyaan yang dapat saya jawab mengenai hal itu. Bagaimana dengan Komputer? Pemerintah memberikan solusi agar menumpang kepada sekolah yang memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Misalkan SMK atau SMA … Continue reading UNBK – Bagaimana Dengan Sekolah Yang Minim Fasilitas ?

Persiapan Sekolah untuk UNBK Tahun 2019 (Ujian Nasional Berbasis Komputer)

Hai Selamat Hari Senin. UNBK masih lama, (23 April 2019 untuk SMP) namun gaung persiapannya sudah terdengar saat ini. Dimana-mana sudah ribut melakukan simulasi US dan UN. Baik skala lokal maupun nasional. Sebelum itu terlaksana, maka baiknya dibawah ini diperhatikan sebagai persiapan UNBK.  Sekolah dan Operator harus sering memantau 4 situs dan 1 aplikasi dibawah … Continue reading Persiapan Sekolah untuk UNBK Tahun 2019 (Ujian Nasional Berbasis Komputer)

Diary di Sekolah – Saling Melindungi Sesama Teman

Selamat Pagi,  Karakter nyebelin anak-anak yang hingga saat ini belum ketemu solusinya adalah kekuatan saling melindungi antar teman. Contohnya demikian, ketika ada 4 (Resa, Nur, Rama, Dhani) orang anak bermain sepak bola halaman. Tiba-tiba saja bolanya memecahkan salah satu jendela kaca di kelas tertentu, sebut saja Nur pelakunya. Kemudian, langkah awal kami adalah bertanya siapa … Continue reading Diary di Sekolah – Saling Melindungi Sesama Teman