Membuat Komputer Bekerja dalam Dua Layar

Satu Komputer Dua Layar Bekerja Bersamaan

Waktu UNBK kemarin, teman yang membantu saya ngurusin Lab terkesima dengan tampilan laptop yang saya pegang yang tersambung dengan projector. Dia heran kok tampilan di laptop beda dengan yang terproyeksi di tembok sih. Ketika saya browsing mengisikan data di situs UNBK, di tembok hanya memperlihatkan tampilan desktop yang kosong.

Dia lantas berucap, “Kok bisa seperti itu, Mas? ajarin donk”. Oke Pak, mari -mari.

Saya menjelaskan bahwa fitur ini sebenarnya udah terintegrasi dengan Windows, jadi gak perlu tambahan apa-apa untuk dapat mengaplikasikannya.

Fasilitas ini berguna untuk yang membutuhkan layar yang lebih luas ketika bekerja, jadi tidak punya tampilan yang numpuk-numpuk. 

Cocok untuk kalian yang sering nonton drama di kantor. Jadi ketika boss datang, cukup matikan monitor satunya yang tampilin drakor, sedangkan layar utama masih fokus ke kerjaan.

Mari kita mulai. 

Pertama saya ajari dulu lewat Windows 10, begini, dalam menu search ketik saja PROJ…nanti akan muncul sebuah program bernama PROJECT TO A SECOND SCREEN

Nah klik aja itu, setelahnya akan muncul beberapa pilihan ada PC SCREEN ONLY, DUPLICATE, EXTEND dan SECOND SCREEN ONLY. Karena kita hanya membutuhkan untuk membuat layar kedua yang beda, maka pilihlah yang EXTEND.  Itu berarti, kita dapat bekerja di dua layar yang berbeda tanpa harus buka tutup aplikasi. Paham? he he..belibet ih.

Dan..jreng jreeeeng.. monitor kedua kita akan menyala dan menampilkan wallpaper kita doank. Nah untuk memindahkan tampilannya ke layar kedua, kalian cukup drag n drop ke layar kedua aja.. sederhana.

Oh ya, untuk melakukannya kalian harus menancapkan monitor lain di port vga laptopnya dulu ya atau hdmi.

port vga

port hdmi

Jangan kaget ketika kalian menggerakkan kursor ke kanan layar tapi tidak mentok. Kursor itu akan menyeberang ke monitor yang kedua.

 

17 thoughts on “Membuat Komputer Bekerja dalam Dua Layar

      1. Hahahahaha…Ia, Kak.

        Beberapa waktu yang lalu, sempat melihat teman-teman IT melakukan hal yang sama seperti ini. Tapi, karena sibuk lupa bertanya ‘kok bisa’ dengan mereka. E….ternyata, dapat jawabannya disini.

        Mantapp dah!

        Like

          1. Hahaha maaf nggak main-main ke blognya mas. Aku lagi jarang blogwalking ckck

            Sepertinya memang harus sediakan waktu khusus untuk blogwalking lagi 💪

            Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s