5 Travel Journal Menarik Untuk Menemani Kalian Jalan-jalan

Untuk kalian pecinta jalan-jalan dan penulis perjalanan, sebuah travel jurnal wajib dimiliki untuk mencatat ide menarik selama traveling. Atau hanya sekedar untuk menempelkan tiket aja.

Meskipun kalian dapat menggunakan smartphone untuk membuat catatan, tapi goresan pen di kertas membawa sensasi tersendiri. Lebih terasa personal.

Di bawah ini saya kumpulkan beberapa Travel Journal menarik yang bisa kalian jadikan referensi sebagai pelengkap gear jalan-jalan. Atau sebagai aksesoris tambahan ketika berfoto. Dengan pose sedang menulis atau memegang Travel Journal, akan menambah kekecean kalian meningkat berlipat.

Okay mari kita mulai.

1. Midori Traveler’s Notebook

Ukuran Reguler dan Passport

Menyandang nama Traveler’s Notebook aja udah keliatan fungsi utama sebagai teman perjalanan. Lantas, Apa yang membuat nih Notebook begitu populer? padahal sebenarnya hanya cover dari selembar kulit asli yang dilipat? Yang membuatnya spesial adalah kefleksibilitasnya untuk kita kostumisasi sesukanya. Kulit asli yang termakan usia juga akan keliatan cakep, vintage dan classy. Ukurannya juga anti mainstream, tidak ada format A atau F.

Midori Menang Dalam Fleksibilitas

Untuk harga aslinya emang mahal banget, untuk ukuran selembar kulit.

Kalau kalian ngebet banget, kalian bisa membuatnya sendiri dari tukang kulit atau beli yang KW, bernama Fauxdori yang hanya berkisar 100.000 aja. Di toko online Indonesia udah banyak yang jual. Untuk isinya, kalau sayang beli yang asli, tinggal beli saja kertas di tukang fotokopi terus gunting aja sendiri sesuai ukuran. Murah meriah mudah.

2. Moleskine Voyageur

Moleskine ini juga tak kalah legend. Terutama bagi urban sketcher seperti saya. Signature dari Moleskine adalah tali yang bisa mulur, yang melingkupi bukunya membuatnya tidak mudah terbuka. Meskipun bukan yang pertama menerapkan konsep seperti ini, tapi moleskinelah yang lebih populer

Uniknya, Moleskine tipe ini memiliki kantong di cover belakangnya yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan tiket, duit, atau apalah gitu yang penting muat. Di cover depannya, ada selembar kertas yang bertuliskan I am Here dengan anak panah, yang kece banget untuk selfi-selfi. Coba deh kalian cari di Instagram pose mereka yang pake nih buku. Kece abis.

3. You are here:  A Mindful Travel Journey

RPerryMindfulJournals-01

Katanya, travel book ini cocok untuk kalian yang melakukan perjalanan panjang.

Tidak seperti buku sebelumnya yang tampil polosan, buku ini sudah terdapat template-template yang siap untuk digunakan ketika melakukan perjalanan. Katanya lagi buku ini ‘memandu Anda melalui beragam latihan yang dirancang untuk membantu Anda menikmati tahun jeda, liburan kota, liburan, seumur hidup, liburan’ temukan sendiri ‘atau perjalanan akhir pekan. Anda akan menggunakan pemikiran segar dan kreatif untuk menghemat memori di setiap halaman. Itu kata produsennya sih.

RPerryThatWasNow-01

4. Travel Listrography: Exploring The World in List

img_8954

Dari penampilan luarnya emang seperti buku anak sekolah. Ukurannya juga tidak handy. Buku ini cocok bagi mereka yang suka bikin daftar-daftar ketika melakukan perjalanan. Bisa daftar perjalanan, daftar apa yang harus dilakukan dan daftar lain yang berhubungan dengan perjalanan.

Ketika kalian membuka buku ini, bagian kanan banyak banget gambar-gambar mengenai tempat wisata, kegiatan dan pencapaian yang membuat imajinasi kalian mengelana. Sedangkan di bagian kanan tersedia space kosong untuk kalian isikan.

img_2210

5. Debur Gelatik Kembar: Satu Untuk Semua

44642699_daf85b5d-dc17-4607-b630-52eea4f2bbfd_1440_2560

Dengan warna yang legend seperti hijau, biru, kuning, merah, dan hitam. Ukuran dan ketebalannya macam-macam. Ada yang ukuran folio, memanjang, dan ukuran saku. Ada yang setebal kitab, ada lagi yang lebih tebal covernya daripada isinya.

Harganya murah meriah.  Selain itu kalian dapat menjumpainya di toko buku biasa, bahkan warung-warung terdekat pun sering menjajakannya.

Untuk membuatnya lebih keren, kalian dapat mengganti covernya dengan sesuatu yang lebih menarik, misalkan kulit atau lukisan lain. Lebih asyiknya lagi, buku ini juga multiguna. Bisa untuk mencatat arisan, hutang piutang, pinjaman, buku kas dan juga buku catatan lain.

Itulah daftar Travel Jurnal yang menarik versi saya. Apapun model dan jenisnya, sebuah buku ya memiliki esensi yang sama yaitu tempat mencurahkan isi kepala. Apapun modelnya, isinya ya tetap kertas. Kertas hasil penebangan pohon yang makin gila.

42 thoughts on “5 Travel Journal Menarik Untuk Menemani Kalian Jalan-jalan

    1. masa iya kalau di dekat air main hape mulu, Om 😂. kan cocoknya ya buku biasa. lebih keren lagi kalau ada tulisan tangan” Kapan Kalian kesini?”

      Dan coba bandingkan kalau difoto, keren mana antara pegang hape atau nulis pake buku?😂

      Like

  1. Kalau untuk perjalanan panjang, sangat membantu banget catat mencatat ini *asalkan ga sampai kececer*.
    Kalau utk catat mencatat sekarang, sy ngandelin buku bekas anak sekolah, udah beda kelas, isinya hanya beberapa lembar. Duh #ehcurhat 😀

    Liked by 2 people

  2. Kalau aku, buku tulis menarik perhatianku itu banyak. Sering beli beberapa, trus yang diisi hampir semua buku, isinya kadang tidak berfaedah, akhirnya terbuang buku ku di sudut kamar.
    Beberapa bulan ini aku tertarik sama buku yang memiliki alas sedikit empuk alias alas kulit. Bukunya ada di Alfamart/Indomaret, sudah beberapa kali saya menengok bukunya dan pengen beli. Tapi ujung2 saya mengingatkan diri kl banyak buku d rumah. Harga buku itupun bukan murah, sekitar 25.700-28.000

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s