Hidupku Yang Penuh dengan Koleksi Password


Menurut Wikipedia Password  is a word or string of characters used for user authentication to prove identity or access approval to gain access to a resource (example: an access code is a type of password), which is to be kept secret from those not allowed access. 

Nah, dalam keseharian saya menggunakan banyak password dan username yang bejibun. Ada yang bisa saya ganti sesukanya ada pula yang default dari pemerintah. Model yang terakhir ini menyebalkan, karena seringnya itu merupakan password kekinian yang mengharuskan passsword terdiri dari huruf besar, huruf kecil dan angka. Susah untuk dihafalkan. Saya harus membuka catatan jika menemukan kedip-kedipan sehabis username. Itu aja sehabis memasukkan password masih disuruh untuk masukin pass code. Tambah males.

Apa saya yang membutuhkan password?

  • Yahoo, untuk keperluan kerjaan dinas kami mewajibkan untuk membuat akun email di Yahoo. Sehingga mereka akan mudah untuk memberikan instruksi mendadak via email.
  • Aplikasi Dapodik. Ini merupakan jantungnya sekolah. Aplikasi ini memuat data sangat rinci mengenai sekolah, mulai dari nama siswa, guru sampai dengan kondisi fisik bangunan.
  • Aplikasi PMP, aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan. Aplikasi ini bermanfaat sebagai pemetaan kualitas sekolah se Indonesia.
  • Aplikasi E Raport. Raport sekarang berbeda dengan jaman saya sekolah, sekarang jamannya sesuatu yang berawalan E. Raport ini bisa diakses siapa saja dengan username dan password yang telah kami berikan.
  • Aplikasi UNBK. Selain yang ada di situs, puspendik juga merilis aplikasi untuk server.
  • Aplikasi Beesmart. Aplikasi yang saya gunakan untuk keperluan Try Out mandiri.
  • Mikrotik. Untuk mengatur jaringan komputer di Lab.
  •  dan password Wifi.

Sedangkan yang lain saya harus mengakses situs wajib;

  • GPO, guru pembelajar online. Wajib selalu dikunjungi untuk mengecek validitas data guru.
  • vervalptk, dan vervalpd. Ini juga situs maha penting dalam pendataan PTK dan Peserta didik.
  • unbk.kemdikbud.com
  • pdun, situs yang kami gunakan sebagai dasar peserta UN
  • biosun. Merupakan saudaraan dengan PDUN.

Segitu banyaknya password yang saya koleksi, sampai tak ingat semuanya satu persatu. Sedangkan untuk keperluan password personal, contohnya Gmail, Facebook, Evernote, Instagram sampai WordPress saya membuatnya sama.

Selain itu masih ada banyak lagi, seperti 4shared, hotmail, ebook3000, lazada dan saudaranya, internet banking dan lain-lain.

Dengan keribetan ini, akhirnya saya baru memahami pentingnya sebuah aplikasi password management yang dulu saya sepelekan fungsi dan kegunaannya.

Wassalam.

26 thoughts on “Hidupku Yang Penuh dengan Koleksi Password

    1. Ho oh, udah gitu sebagian besar yang aku tulis itu default dari pemerintah. Gak bisa dirubah, kan nyebelin jadinya. Udah gitu kombinasinya unik lagi.

      Nah, samaan tuh, biar mudah

      Like

  1. Kalau habit aku gini :

    Setiap selesai membuat akun dari sebuah aplikasi atau web, aku langsung buat email yang berisi informasi username dan passwordnya ke email utama, lalu aku simpan ke folder password.

    Misal, baru aja nih aku buat akun di apps Ipusnas, terus pakai emailku di hotmail, aku kirim informasi akunnya ke gmail punyaku. Lalu aku pindahkan ke folder bernama password (berisi info seluruh username dan password dari semua akun punyaku)

    Jadi username dan password yang aku ingat hanya satu yaitu gmail. Mengingat satu jauh lebih mudah daripada banyak akun.

    Itu sih caraku, Mas Seta

    Like

  2. Bisa di tulis nih mas tentang aplikasi password management, soalnya aku juga punya banyak akun, terutama gmail, tapi kebanyakan pasword aku buat sama
    Biasanya sih, aku buat tulisan di notepad untuk informasi akun username dan paswordnya..

    Like

    1. iya, Mas. Kapan-kapan nanti saya mengulas mengenai password management yang lebih ok.

      kalau saya lebih suka menyimpannya di Evernote. Jadi tak akan hilang selamanya, selama evernote itu sendiri belum bangkrut.
      tinggal buka aplikasinya, kemudian copy paste, bisa melalui aplikasi atau via websitenya. Praktis

      Like

Leave a comment