Seberapa Pentingkah Koneksi Internet Untuk UNBK?

Berbicara mengenai infrastruktur, Internet merupakan komponen penting dalam pelaksanaan UNBK di sekolah. Tapi seberapa pentingkah?

UNBK membutuhkan internet untuk hal di bawah ini:

  1. Sinkronisasi server lokal dengan pusat. Sinkronisasi ini pada intinya mengunduh daftar peserta ujian dan soal yang akan digunakan untuk tes nantinya ke server lokal. Kecepatan sinkronisasi akan berbeda-beda tergantung kecepatan internetnya. Paling lama 15 menit sudah selesai. Setelah sukses internet bisa dimatikan.
  2. Mengambil Token untuk Ujian. Token merupakan kunci untuk bisa mengakses soal yang telah tersedia di server lokal. Token akan berganti-ganti setiap 15 menit sekali. tujuannnya sebagai pengamanan agar tidak curang. Penggunaan token hanya ketika anak-anak ingin log-in awal dan ketika ada masalah di komputer peserta tes, misalkan error dan hang. Yang menyebabkan mereka harus log-in lagi ke soal yang telah dikerjakan. Ini membutuhkan token lagi.
  3. Mengupload Hasil. Setelah peserta ujian selesai mengerjakan soal, maka internet digunakan untuk mengunggah hasil ini ke server pusat.
  4. Mengunduh Patching aplikasi CBT. Kadangkala ada penambalan mendadak dari puspendik mengenai aplikasi CBT. Penambalan ini (patching) fungsinya bermacam-macam, tapi sebagian besar dari segi keamanan. Tapi ini sifatnya insidental, tidak selalu ada.

Nah, selain dari itu, koneksi internet dapat kalian matikan dan hidupkan sesukanya. karena UNBK bersifat semi-online. Server lokal tidak harus selalu terhubung dengan internet.

Mengenai kecepatan internet, di situs https://unbk.kemdikbud.go.id/persyaratan#content tidak dijelaskan seberapa besar kecepatannya, tapi setelah melakukan percobaan mandiri, ternyata kami masih bisa melaksanakan simulasi hanya mengandalkan koneksi internet menggunakan smartphone berjaringan 4G dengan cari di tetheringkan.

Dari kelima hal diatas yang paling banyak menyerap kecepatan internet adalah sinkronisasi dan patching, karena file yang terunduh besar.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

 

Advertisements

6 thoughts on “Seberapa Pentingkah Koneksi Internet Untuk UNBK?

  1. Saya enggak bisa mbayangin seandainya modelnya itu bukan server lokal koneksi server pusat. Membayangkan semua orang login ke database lewat peramban, sekelas Google aja bisa anjlok… Apalagi server pemerintah yang notabene agak anu itu 😁😁😁 infonya menarik. Lumayan jadi pengen nyinyir hehehe. 😁

    Like

    1. Haduh mas server pemerintah tuh ya anu banget, sepertinya mereka itu tak mengantisipasi segala kemungkinan. Hlah masa kita di larang log-in barengan, udah gitu waktu log-in dibatasin waktunya, kan asyik

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s