10 Alasan Yang Membuat Pantai Teleng Ria Aman Untuk Wisata Keluarga

Assalamu’alaikum.

Bagi sebagian orang, pergi ke pantai tidak hanya menginginkan foto indah pemandangan. Ada juga golongan yang cuma menginginkan berenang, main air atau sekedar duduk di pasir basah yang dilalui ombak lembut sambil menikmati waktu. Tanpa memiliki kekhawatiran.

Jika kalian tipe seperti diatas, Pantai Teleng Ria di Pacitan sangat memenuhi kriterianya. Beberapa alasannya antara lain:

Pertama. Pantai ini landai. Untuk menyentuh air tak perlu melalui jalan yang membuat ngeri-ngeri sedap. Dari tempat parkir aja udah langsung menginjak pasir. Dan ketika kalian berjalan sekitar 50 an meter dari batas air, kedalamannya tak sampai melebihi dada orang dewasa. Bagian dasarnya juga dapat kita prediksi. Jadi tidak ada pasir yang tiba-tiba menjadi dalam. Tapi harap hati-hati, karena jika terlena, tanpa sadar kalian udah jauh dari garis pantai.

Kedua. Ombaknya tidak besar. Karena memiliki dasar samudera dangkal berpasir, maka deburan ombak yang datang akan terpecah sempurna ketika sampai di bibir pantai. Tidak akan cukup untuk menggulung kalian ke pantai yang lebih dalam. Bahkan sangat aman untuk anak kecil bermain. Ombaknya bertipe ke arah kanan. Sedangkan di bagian pojokan timur berkebalikan. Ke arah kiri.

Ketiga. Luas. Pantai ini sangat luas yang memiliki jarak pandang yang jauh. Karena alasan ini, maka sering dijadikan sebagai base acara gathering yang membutuhkan tempat parkir yang unlimited. Bahkan jika kalian cukup berpengalaman naik kendaraan di pasir, kalian bisa sedekat mungkin dengan air.

Keempat. Ada ikan laut. Tak semua Pantai itu menjadi tempat mencari hewan laut dan menjualnya. Di sebelah barat terpisah dengan tanjung buatan, terdapat tempat pelelangan ikan yang menyediakan baik mentah maupun matang.

Kelima. Lokasi mudah dijangkau. Kendaraan apapun sangat mudah masuk ke pantai. Mulai dari motor sampai bus besar AKAP. Tak perlu takut kehabisan tempat untuk memarkirkan kendaraan kalian. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota. 

Keenam. Paket Waterpark. Sepertinya tempat wisata sekarang emang wajib ada hiburan tentang air dan seluncuran. Tak beda pula dengan Pantai Teleng Ria. Pengunjung  bisa menikmati fasilitas ini tanpa tiket tambahan.

Ketujuh. Tak ada batu karang. Ini sangat cocok bagi mereka yang membawa balita yang suka gila jika bertemu dengan Pantai. Mereka bebas berlarian kesana kemari tanpa takut bakal menginjak batu  yang menjadi simbol keteguhan hati ini.

Kedelapan. Ada penjaga pantai. Meskipun tergolong sangat aman. Tapi kadang beberapa pengunjung suka menantang dirinya menjelajah lebih jauh. Peran lifeguard adalah memperingatkan mereka yang kelewat batas agar kembali minggir kearah pantai.

Kesembilan. Ada dokar dan ATV. Yup persis seperti ketika kalian main di Parangtritis. Bisa kalian gunakan untuk berkeliling dari barat ke timur. Harganya nego. 

Kesepuluh. Ada banyak homestay, cottage dan restoran yang menghadap laut.

***

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun Pantai Teleng Ria juga memiliki kekurangan, beberapa diantaranya.

Pertama. Pemandangannya standar. Jika kalian kesana tak bakalan memberi efek wow. Tak ada yang spesial dari semuanya. 

Kedua. Jenis pasirnya coklat mirip lumpur. Kesannya kan kotor. Meskipun pasti bersih, tapi jenis pasir ini sulit untuk menghilangkannya dari pakaian. Harus berkali-kali karena mudah terselip dimana-mana.

Ketiga. Kotor. Ampun deh sampahnya, ada dimana-mana. Sampah yang paling jamak kita temui adalah plastik dan styrofoam mie seduh itu.  Jika kalian menginginkan pantai yang lebih bersih, kalian bisa jalan sedikit ke arah timur. Namun ombak nya makin besar. Disana juga banyak bule yang sedang berselancar.

Keempat. Bau amis ikan. Jika kalian berenang lebih ke arah barat, maka bau amis ikan akan lebih terasa. Karena dekat dengan TPI dan sungai.

Kelima. Tak bisa melihat sunrise dan sunset yang indah. Karena letaknya diteluk yang diapit oleh dua perbukitan barat dan timur.

Keenam. Jarang mendapatkan kunjungan mahasiswi kece dan kekinian. Masalahnya ya itu, pemandangannya tidak instagramable.

Sekian saja mengenai pantai yang wajib dikunjungi oleh keluarga. Semoga menghibur.

Wassalam.

Note: Harga Tiket hari biasa 10.000, Weekend dan hari besar 15.000. Waterpark Gratis.

Advertisements

14 thoughts on “10 Alasan Yang Membuat Pantai Teleng Ria Aman Untuk Wisata Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s