Keterampilan Yang Harus di Miliki Seorang Pria

Sebagai pria yang lahir, hidup dan bekerja di kampung, saya harus memiliki keterampilan yang wajib pria bisa. Salah satunya adalah nyrumbat kambil. Mengupas kulit kelapa dengan memakai alat seadanya. Tanpa mesin.

Berbeda dengan penjual es degan yang asal main bacok atas dan bawah kemudian sisanya dibuang, kami sebagai pria sejati harus bisa mengupas kelapa secara bersih hanya menyisakan batok kelapa yang bundar itu. Kulit kelapa yang habis dikupas dinamakan sepet . Sangat berguna untuk bahan bakar dan media tanam anggrek yang murah meriah.

Kenapa harus repot-repot mengupas? ya karena akan lebih menghemat tempat ketika dijual ke pengepul. Masa iya kami harus membawa gelondongan besar itu.

Alat yang kami gunakan adalah linggis, pacal dan sabit yang lancip (bukan golok). Jika menggunakan linggis, kami harus meletakkan ujung yang tumpul kebawah, yang lancip ke atas, kemudian diatur sedemikian rupa hingga linggis itu kokoh ketika mendapat terjangan kelapa. Jika menggunakan sabit, maka tinggal duduk sambil membacoki kulit bagian per bagian. Inilah level tertingginya, sambil duduk.

Jika kalian melihatnya, maka akan seperti mudah, namun kenyataannya itu membutuhkan keberanian, tenaga dan sabar.

Kami akan dikatakan mampu mengupas dengan baik jika kulit kelapa (sabut) hasilnya rapi dan lebar, akan menjadi ahli jika bentuknya seperti bunga mawar, tanpa satupun ujung bawah yang putus.

Antara kelapa yang tua dan muda itu memiliki perbedaan. Kulit kelapa yang tua lebih susah untuk dikupas karena liat dan alot, sedangkan yang muda lebih enak untuk di eksekusi.

Cara eksekusinya, setelah linggis tertanam mantab maka tancapkan kelapa pada sekitar ujung yang ada tangkainya. Setelah itu, miringkan kelapanya dan agak diungkit ke sebelah dalam. Lantas Setelah itu tekan kebawah dengan sepenuh tenaga. Maka kulit akan terangkat. Lanjutkan sampai semuanya habis. Jika melakukannya dengan penuh keberanian dan tenaga, maka satu kelapa membutuhkan waktu 2 – 3 menitan. Kalau tak ahli maka bisa 15 menit hanya satu buah kelapa kecil. Itu aja harus tarik menarik serabut sisa.

Ah artikel unfaedah πŸ˜‚

Have a nice day.

26 thoughts on “Keterampilan Yang Harus di Miliki Seorang Pria

  1. Saya gak bisa mas, saya orang gunung dan gak ada kelapa yg tumbuh. Kerjaan paling laki disana itu kalau bisa ambil kayu dari hutan terus ngetok kayu sampai ukuran yang bisa buat bahan bakar di pawon.

    Like

      1. loh biasa di kampung dulu nyrumbat kambil mas bro 😁 di inggris kagak ada kelapa yg masih dg sabutnya, tp ada kelapa dg batoknya, nah ku kupas tuh batok kelapa dan masih berbentuk bulat kan gak pecah, suamiku geleng-geleng kagum 😁

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s