Karakter Mesin Pencari Sekarang 

Hai, teman-teman. Selamat malam.

Ceritanya, saya malam ini sedang minum kopi di dapur sambil main Smartphone – oh kangen banget mainin benda ini. Saya sedang membuka aplikasi YouTube untuk menonton video ini itu yang tak berfaedah, macam video lucu, ratna sarumpaet yang digebukin – eh hoax, dan channel langganan: calon sarjana. Setelah bosan, kemudian saya terparkir di Channelnya Weasley Huang yang membahas mengenai jam tangan kekinian anak sosmed : Daniel Wellington (DW). Sambil menyeruput pelan dan melototin layar, lama-kelamaan kok saya jadi pengen memakai jam tangan lagi ya? Beli ah.

Lantas, saya mencari referensi tentang jam tangan itu lewat mesin pencari. Eits ternyata harganya mahal gila, berjuta-juta. Bahkan yang KW aja mereka berani menjual dengan harga yang fantastis untuk jam tangan yang berdesain sederhana ini. Cari yang murahan aja lah.

Dalam pengumpulan referensi tersebut, saya memperhatikan ada perbedaan dalam hal hasil pencarian via mesin pencari dulu dan sekarang.

Dulu, ketika saya mengetikkan kata kunci sesuatu di mesin pencari, maka dalam beberapa detik kemudian akan muncul ratusan artikel mengenai kata kunci tersebut. Pembahasan dan review.

Tapi sekarang lain, ketika saya sedang mencari artikel mengenai jam tangan minimalis untuk pria, maka yang terpampang jelas pada halaman pertama adalah situs jual beli online yang menawarkan berbagai katalognya. Kadang hampir 80% dalam halaman itu hanya dihuni oleh satu toko online. Contohnya ya seperti di bawah ini.

Lantas saya berpikir mungkin saya kata kuncinya yang tidak cocok. Tapi ternyata hasilnya tak jauh berbeda. Bahkan ketika saya mengganti kata kunci ” jam tangan minimalis pria review”, yang masuk dalam pencarian masih juga situs jual beli online. Jual ini, jual itu, dengan promosi yang bervariasi. Untuk mendapatkan artikel yang sesuai, saya harus mencari lebih dalam lagi sampai beberapa halaman. Bagi saya, ini sudah tidak membuat saya nyaman.

Akhirnya saya beralih ke YouTube lagi untuk mencari review yang ternyata jauh lebih baik daripada mencari lewat artikel.

Have a great day.

26 thoughts on “Karakter Mesin Pencari Sekarang 

      1. Sebenarnya agak mendingan skrg drpd dulu, sebab dulu byk bgt blog dummy.
        Kita cari apa, eh di klik informasinya gk jelas. Bbrp bln lalu kn algoritma gugel baru lagi

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s