Fresh City Farms : Urban Farming

Hai teman-teman. 

Saya pertama kali benar-benar menyukai kegiatan tanam-menanam ketika tak sengaja menjumpai artikel mengenai Fresh City Farms dibeberapa situs masak-memasak. 

Fresh City Farms merupakan sebuah usaha pertanian skala kecil di Toronto, Canada. Dia berangkat dari permasalahan semakin sulitnya masyarakat Toronto untuk mendapatkan bahan makanan yang segar dan sehat setiap hari. Juga semakin banyaknya kekurangan nutrisi dalam masyarakat modern. 

Maka dari itu mereka mendirikan Fresh City Farms dengan menggandeng beberapa komunitas petani skala kecil di kota. Mereka menggunakan lahan, alat dan pemasaran yang dikelola oleh Fresh City Farms. Keuntungan dari penjualan akan langsung diberikan terhadap petani rekanan tanpa mengambil apapun selain beberapa persen untuk pengembangan petani, misalkan biaya untuk membeli peralatan modern untuk mempermudah pengelolaan lahan.

Selain itu, yang menjadikan Fresh City Farms menarik antara lain:

  • Urban Farming. 
  • Semua anggota yang terlibat adalah anak muda. 
  • Organik. 
  • Permaculture. 
  • Berbasis Online. 
  • Lokal. 
  • Langsung diantar kerumah.  

Dari daftar di atas, yang menjadi fokus utama Fresh City Farms adalah sebuah pertanian organik yang berkelanjutan. Mulai dari pupuk, pestisida dan benih, semua organik. Sehingga kualitas bahan makanan, kesehatan dan kesegaran serta kandungan bebas pengawet terjamin. Fokus yang kedua adalah semua bahan makanan itu mereka dapatkan secara lokal. Lokal disini maksudnya adalah apa yang mereka tanam langsung di lahan milik komunitas itu. Hal ini menjadikan bahan makanan yang dapat dipesan hanya tersedia musiman. 

Untuk dapat memesan, pembeli dapat memilih variasi menu yang terdapat dalam websitenya. Mereka dapat memesan secara harian atau perminggu dengan variasi resep yang menyesuaikan musim panennya. Tidak ada ikatan apapun untuk berlangganan. Setelah itu bahan makanan akan mereka antar sampai ke rumah dengan kemasan menarik. 

Selain kemasan bahan makanan yang standar, ada juga bahan makanan yang sudah siap dimasak, yang dikemas dalam kemasan mirip botol selai. Dalam botol itu sudah terdapat sayuran dan bumbu yang tepat sesuai selera. Dengan ini pembeli hanya tinggal menuangkan ke dalam alat masak, selanjutnya makanan siap disajikan. Ini adalah konsep yang menarik dan praktis. 

By the way,  mereka juga menyediakan tempe hlo. Semoga bermanfaat. 

Have a nice day. 

Sumber gambar :freshcityfarms.com

Ditulis ketika sedang menunggu mas mas mencuci motor yang antrinya banyak.  

9 thoughts on “Fresh City Farms : Urban Farming

  1. seringnya saya juga nulis kalo lagi berdiri di krl pak
    hehe

    kalo di jabodetabek
    fresh city farms ini adanya di parung bogor deh
    pernah jumpa beberapa produknya yang pesticide free dan free lain”
    di beberapa supermarket

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s