Anak Bandel vs Anak Kalem Dalam Urusan Pekerjaan

Selamat Pagi Teman-teman.

Ketika saya mengobrol dengan guru BK yang mengurusi jalur lowongan kerja untuk anak-anak dengan perusahaan penyedia,  saya menemukan satu poin penting mengenai perbedaan anak bandel dan kalem yang berkenaan dengan cara mereka menghadapi dunia kerja.

Ternyata anak anak yang masuk kategori bandel dalam kehidupan sehari-hari,  mereka akan lebih betah bekerja dimanapun mereka ditempatkan, daripada anak kalem dan pendiam.

Anak kalem biasanya hanya akan bertahan satu minggu bekerja di pabrik,  setelah itu mereka akan keluar dari pekerjaan karena berbagai alasan. Namun pada umumnya, mereka belasan karena  tidak kerasan.

Sedangkan anak yang masuk kategori bandel,  nakal,  hidupnya suka-suka,  mereka akan lebih betah jauh lebih lama daripada anak kalem. Bahkan mereka lebih cepat untuk naik level karir.

Kenapa bisa seperti itu?

Menurut guru BK kami,  Pak Latief.  Anak yang bandel sudah terbiasa dalam lingkungan yang keras.  Mereka sudah tahan menghadapi banyak tekanan dari orang lain.  Mereka sudah biasa menghadapi hardikan,  teriakan,  kata kotor dan kasar.  Jadi ketika memasuki dunia kerja,  mereka tidak akan lagi kaget.  Mereka tidak akan semanja anak kalem lainnya. Mereka sudah terbiasa untuk jauh dari pengawasan orang tua dan mandiri. Mereka terbiasa berkumpul dan bersosialisasi dengan orang baru dan tahu bagaimana cara bersikap. Mereka sudah terbiasa dalam kondisi tidak nyaman dan terbatas. Mereka sudah terbiasa terbentur dengan masalah seperti itu. Mereka juga akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Sebaliknya,  anak kalem tidak pernah menghadapi betapa lainnya dunia diluar sana. Dalam sekejap mereka akan shock dan drop.  Mereka hanya tahu kehidupan dalam lingkungan keluarga dan sekolah. Mereka hanya tahu bahwa dunia itu layaknya sinetron, mereka hanya mengenal bahwa untuk mendapatkan uang, mereka tinggal sedikit marah dan uangpun akan datang.

Ketika mereka memasuki dunia kerja, segala kenyamanan itu tercabut dengan cepat. Mereka akan cepat mengeluh untuk hal yang sepele. Tentang bos galak lah, tentang teman yang cuek dan bossy, tentang gajinya yang tidak sesuai dengan capeknya, tentang jauh dari orangtua dan masih ada puluhan alasan lainnya yang sebenarnya semua bermuara pada dirinya sendiri yang sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Kesimpulannya, setiap anak memiliki masa masing-masing. Kapan dia harus bertanggung jawab dan kapan mereka hanya bermain-main.
Have a nice day bro. 

35 thoughts on “Anak Bandel vs Anak Kalem Dalam Urusan Pekerjaan

  1. Emang bener mas, saya kebetulan dari golongan anak kalem. Hhiii

    Selain kaku, orang pendiam kadang terlalu sistematis dan idealis. Ini juga yang bikin dia tertekan kala lingkungan atau sistem kerjanya jauh dari apa yang dia harapkan. Saya pernah ngalamin sendiri soalnya. Hhaaa

    Liked by 3 people

  2. Guru SMA saya juga ada yg berpendapat gt pak, orang yg sukses biasanya adalah yg bandel. Dan saya tidak setuju, soalnya … nggg…kayaknya ini bisa jadi bhn tulisan. Ga jd komentar deh, mau dbikin tulisan aja.

    Liked by 2 people

    1. ya tidak semua anak yang bandel bisa sukses, tergantung bandelnya, kalau bandel tidak tanggung jawab mereka juga akan selalu sama hidupnya,

      okay saya tunggu tulisannya

      Like

  3. Dpat msukan baru nih.

    Stlah bca ini sy jd teringat dg adik sy yg bru lulus SMK thn ini dan yg hr ini mulai msuk kerja di tmpatnya krja. Ia trmsuk anak yg baik sih, kalem sih gak juga kalem, cm pastinya gak bandel.

    Liked by 2 people

      1. Tulisan mas Seta ini telah saya salin dan bagikan ke WA-nya barusan [tentu dengan sedikit suntingan pd tata letaknya]. Semoga jd motivasi buat dia.

        Mksh mas atas artikelnya. Singkat, padat l, dan bagus.

        Liked by 1 person

  4. Saya termasuk org kalem. Bukan bandel di sekolah.
    Tp selalu awet dikerjaan.
    Jadi dikerjaan harus jd org bandel, klo ga bandel ga akan betah kerja dimanapun💪

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s