Kisah Boimin Sebagai Materi Utama Hari Rabu 

rdCJ3FZ7

Kemarin,  2 Mei merupakan hari pendidikan nasional.

Sebenarnya hari itu saya akan mengajarkan materi lagunya One Direction : History, Bruno Mars: Count on me,  Dorris : Que Sera Sera.  Namun karena tidak begitu penting dan tidak di masukkan dalam kisi kisi Penilaian Akhir  Semester,  maka saya tunda saja dengan mengisi  materi motivasi ringan sesuai dengan tema hari pendidikan nasional .

Media  motivasi yang paling mengena untuk anak seusia SMP adalah audio visual: video.  Maka setelah saya  browsing sana sini akhirnya ingat tentang sebuah video yang sedang viral. Yaitu tentang kisah seorang anak bernama Boimin.

Sebelum di mulai,  seperti biasa peserta didik harus dikondisikan dahulu untuk menerima  pelajaran dengan baik: tenang dan semua mata melihat pada layar.

Dalam penulisan RPP,  ini masuk kedalam Langkah – langkah Pembelajaran :Kegiatan Pendahuluan.

Setelah semuanya terkondisikan,  saya hanya menyebutkan singkat tentang video tersebut dan nantinya anak anak saya suruh untuk mengambil kesimpulan setelah video berakhir.

Tentang videonya,  dikisahkan ada seorang Boimin.  Boimin dapat melanjutkan sekolah nya sampai ke Massachusetts University dengan berbekal beasiswa LPDP.

Lantas apa menariknya?

Boimin ini datang dari keluarga miskin.  Warga Dusun Winong, Desa Jembangan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Kedua orang tuanya hanya bekerja sebagai pengepul ayam yang tidak seberapa keuntungannya. Boimin merupakan bungsu dari empat saudara, tapi ketiga kakaknya sudah meninggal akibat kekurangan gizi.  Ditambah lagi ayah kandungnya juga meninggal akibat hal yang sama.

Dalam kondisi demikian, Boimin bukannya menyerah namun dia malah berusaha dengan keras untuk melanjutkan sekolahnya ke Universitas Brawijaya dengan biaya dari orang tuanya yang sangat pas pasan. Dia tidak pernah mengeluh dengan kondisi yang ada.

Dengan restu orangtuanya melanjutkan kuliah S2 nya ke Massachussets University dengan bantuan beasiswa dari LPDP.

Yang lebih menariknya lagi,  dia menjadi inspirator orang yang ada di kampung nya untuk tetap bersekolah sampai tinggi. 

Kisah lengkapnya Anda dapat mencarinya di Internet.

Setelah selesai pemutaran video, banyak anak yang menangis dan teringat kembali dengan orangtuanya. Banyak juga yang tidak bisa berkata apa apa lagi setelah menyaksikan video inspiratif ini.

Dan akhirya, tujuan pembelajaran hari itu berhasil dengan sukses. Semoga saja kisah Boimin ini dapat mereka ingat selamanya ketika mereka sedang mengalami kesulitan. Saya berharap juga mereka akan ingat untuk selalu tidak menyerah untuk menghadapi segala masalah yang menghadang. Dengan niat yang tulus serta restu dari orang tua semuanya akan baik-baik saja.

Have a nice day bro.

w644

 

17 thoughts on “Kisah Boimin Sebagai Materi Utama Hari Rabu 

      1. iyaa, kotaku Mas, hehe. Semoga saja bisa meneladani beliau juga. minimal biar orang-orang sekitar juga ga putus sekolah.
        ada banyak di youtube, Mas. coba lihat deh.

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s