Log Harian UNBK Hari Pertama

Selamat Pagi, Teman-teman !!!

Sejak kemarin, untuk sekolah setingkat SMP/MTs sudah melaksanakan UNBK secara serentak. Pelaksanaannya selama empat hari, mulai dari Senin, 23 April sampai dengan 26 April 2018.

Mata Pelajaran yang di ujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan yang terakhir adalah IPA. Setiap hari mengujikan satu mapel saja.

Pada pelaksanaan UNBK hari pertama (Bahasa Indonesia) semuanya berjalan dengan lancar, hanya saja ada beberapa kejadian yang sempat membuat kami para Proktor menjadi agak deg degan.

Apakah saja itu?

  1. Token yang datang terlambat. Seharusnya datang pada pukul 7:20 namun agak molor sedikit.
  2. Server Pusat (PUSPENDIK) yang plin-plan. Ketika baru beberapa saat kami melakukan Log In, server kemudian OFF. Sesaat On dan kemudian OFF lagi. Menjengkelkan. Keadaan seperti ini akan mengakibatkan tidak adanya Token yang sampai ke kami. Sehingga ketika ada peserta yang bermasalah, akan kesulitan untuk kembali mengerjakan soal lagi. Dia harus menunggu dengan sabar rilis token dari pusat.
  3. Situs resmi UNBK malah sedang maintenance, sehingga kami agak kesulitan untuk mengunggah daftar hadir dan berita acara UNBK.
  4. Ketika waktu hampir selesai untuk sesi yang pertama, server pusat kembali off, dan beruntungnya ada peserta yang tidak sengaja menendang komputer hingga mati. Maka tidak ada solusi lain untuk berpindah ke komputer cadangan dan menunggu server kembali ON.
  5. Ada beberapa teman Proktor dari SMP lain yang salah memilih hari pelaksanaan. Seharusnya dia memilih UN 1 (Bahasa Indonesia), namun dia malah  memilih UN 2 (Matematika), namun kenyataannya soal yang dikerjakan peserta tetap Bahasa Indonesia.
  6. Beberapa teman Proktor lain juga ada yang mengalami Log Out serentak hampir satu ruang. Setelah di teliti lebih lanjut oleh rekan rekan teknisi, ternyata masalahnya terdapat pada pasokan daya terhadap HUB yang tidak stabil. Solusinya adalah memasang UPS pada HUB tersebut, dan nyatanya kemudian semua berjalan lancar.

Saya kira hanya itu saja yang dapat saya ceritakan untuk kegiatan UNBK kemarin. Saya berharap hari ini lebih lancar dan sukses. Dan kami tidak mengalami gangguan cuaca yang parah.

Berkaca dari pengalaman UNBK SMK kemarin dimana pada sesi yang terakhir saat itu sedang hujan badai dan mengakibatkan plafon jebol dan air membasahi hampir seluruh komputer yang memaksa mereka menggunakan server cadangan.

Tips untuk Proktor:

  • Dalam situasi segenting apapun, tetaplah berusaha tenang dan jangan panik.
  • Anda tidak sendirian, ada banyak proktor dan teknisi yang siap sedia membantu memecahkan masalah anda dengan sukarela.
  • Selalu memantau group UNBK di kota Anda.
  • Selalu memantau situs resmi UNBK untuk mengetahui informasi terbaru. Karena mereka sering memposting pengumuman yang mendadak.

 

  • Have a nice day bro.

15 thoughts on “Log Harian UNBK Hari Pertama

        1. iyap, betul sekali ,
          semuanya benar. Token akan berubah sendiri selama selang 15 menit, dan di rilis oleh pusat. Kalau mereka ga ngasih.. kita ga bisa mengerjakan

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s