Log Harian UNBK, Hari Kedua :  Apa itu UNBK?

UNBK hari kedua adalah Matematika. Pelaksanaannya lancar dan mulus.

Karena untuk hari kedua sangat lancar tanpa ada gangguan server yang offline, maka postingan kali ini saya hanya akan menjelaskan secara sederhana apakah yang dimaksud dengan UNBK itu.

UNBK itu merupakan tes yang semi online. Maksudnya adalah kami tidak harus selalu terhubung dengan jaringan internet secara terus menerus ketika sedang berlangsung tes. UNBK hanya membutuhkan internet dalam 3 hal, pertama adalah mendownload soal (sinkronisasi), mengambil token dan yang terakhir adalah upload hasil ujian ke server pusat.

Dengan demikian, ketika peserta sedang mengerjakan soal soal ujian, sambungan internet dapat di putus untuk sementara. Dan dapat disambungkan lagi ketika petugas ingin mengupload hasil peserta.

Sambungan internet tidak harus memiliki kecepatan tingkat dewa, dengan menggunakan smartphone yang 4g saja sudah mencukupi. Sambungan internet yang cepat hanya kami butuhkan ketika mendownload soal dari Puspendik.

Sebentar?? Kok download soal??

Iya, dua hari sebelum pelaksanaan kami wajib melakukan download soal sesuai jadwal yang telah diberikan masing-masing sekolah ke server utama dan server cadangan.

Jadi sederhananya, soal itu sebenarnya sudah ada di komputer server sebelumnya dan ketika hari pelaksanaannya dapat di akses oleh peserta UNBK.

Untuk lebih lanjut di bawah ini ada pertanyaan yang sering membuat bingung,

  1. Apakah tes bisa dimulai semaunya tanpa mengikuti jadwal? Bisa, asalkan token sudah di rilis oleh pusat.
  2. Apakah ketika komputer bermasalah jawaban anak hilang? Tidak, jawaban tetap masih tersimpan di server lokal.
  3. Apakah peserta sesi satu dapat mengikuti sesi ke dua? Bisa, namun menjengkelkan untuk urusan administrasi.
  4. Bagaimana kalau server utama bermasalah? Tenang, masih ada server cadangan. Namun bagaimana kalau keduanya rusak, masih bisa tenang karena jawaban anak tidak akan hilang hanya karena masalah seperti itu.
  5. Apakah masing-masing anak soalnya sama? Tidak, setiap anak akan memiliki soal yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.
  6. Apakah anak anak dapat berpindah dari satu komputer ke komputer lain untuk melanjutkan pekerjaannya? Bisa. Namun harus memberitahu proktor untuk melakukan reset peserta. Reset ini berguna untuk memastikan sisa waktu yang adil.
  7. Bagaimana kalau ada anak yang datang terlambat?Apakah waktunya juga mengikuti yang tidak terlambat? Tidak, jumlah waktunya sesuai dengan waktu log in nya. Jadi setiap anak akan memiliki sisa waktu yang berlainan.

Setelah tiga hari pelaksanaan UNBK, maka kegiatan ini sudah terlihat wajar dan normal.

Okay, sekian dulu log hari ini. Sampai jumpa besok untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

 

Have a nice day bro.

 

17 thoughts on “Log Harian UNBK, Hari Kedua :  Apa itu UNBK?

          1. Kbarnya gitu. Tp sy ttp spkat klau ad sarpras yg memadai dulu disiapkan oleh pemerintah, aplgi sekolah kmi kan di kampung.

            Klau d sini sih soalnya baru kmi antar td sore aja, gak tiap hr. Krn dr skolah kmi waktunya 2 jam an ke kota kabupaten, dan dg jln yg lumayan susah.

            Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s