Apakah Mata Pelajaran yang Paling Penting?

Good Evening!!!

Tulisan ini hanya candaan kusir di antara kami.

Suatu siang di ruang guru sehabis pelaksanaan simulasi unbk, kami semua semua guru sedang berkumpul saling bercanda sebelum pulang. 

Waktu itu mata pelajaran yang telah di ujikan adalah Bahasa Inggris dan Matematika. Dua mata pelajaran yang menjadi momok murid pemalas.

Sambil wedangan kami saling meledek mapel mana yang paling susah di kerjakan, namun entah bagaimana tiba-tiba saja obrolan malah mengarah ke mapel yang lain. Yang ujungnya malah mendebatkan mana mata pelajaran paling penting untuk kehidupan.

Bahasa merupakan mapel paling penting“, saya berkata.

” Tidak bisa, Mas. Matematika itu paling penting, karena tanpa mengetahui hitungan, kita malah dapat di tipu pembeli ketika berjualan atau sebaliknya”, kata Guru Matematika.

” Gak bisa, IPA juga penting, tanpa pengetahuan ini, manusia tidak akan bisa hidup sehat, tidak akan mengerti alam semesta dan rahasianya.” kata Guru IPA.

” IPS juga penting hlo, bapak bapak sekalian, dengannya kita dapat mengetahui sistem ekonomi dan sejarah mannusia, sehingga kita bisa belajar dari kesalahan masa lalu “. Guru IPS berkata.

“PKn juga penting, tanpanya kita tidak akan mengenal Nasionalisme “. Ibu PKn berkata.

” Olahraga juga penting dan menyenangkan, bahkan bisa membuat tubuh sehat. Bisa mengangkat nama negara”. Pak Agus ikutan.

Saya kemudian berkata untuk mengakhiri perdebatan,” Pak, Bu…mata pelajaran yang paling penting itu tetaplah Bahasa. Semua mata pelajaran pasti akan membutuhkan bahasa dalam penyampaian nya, bahasa itu harus baik dan benar agar mudah di mengerti.

Nah sekarang gini, Pak, Bu. Bukankah putra dan putri bapak dan ibu di ajari dulu Bahasa ketika masih kecil?. Mereka di ajari bagaimana berkomunikasi dengan orang tuanya dan orang lain, kan?

Pasti bukan matematika yang di ajarkan. Pasti bukan Pkn, ah apalagi IPS, mana mungkin mereka tahu, jadi ibu dari semua ilmu pengetahuan adalah Bahasa.”

“Dengan bahasa yang baik kita juga dapat bernegosiasi dengan negara lain agar tidak terjadi perang “.
Have a nice day.

22 thoughts on “Apakah Mata Pelajaran yang Paling Penting?

    1. wah emang berat mas, basa jawa banyak banget kosakata nya, nulis jawanya juga…bahkan disini les basa jawa laris.

      hla wong orang tua sekarang ngajarin anaknya selalu memakai bahasa Indonesia kok

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s