Anda Ingin Mencetak Dokumen Langsung Melalui Smartphone ?

This is for beginner and android user only.

Pernahkan dalam situasi dimana Anda hanya ingin mencetak beberapa halaman dokumen sederhana dan segera, namun tidak membawa laptop?. Mau meminjam laptop teman namun sungkan karena semuanya sedang dipakai untuk mengerjakan sesuatu yang penting dan kerjaan Anda tidak sepadan dengan mereka?. Nah maka tulisan di bawah ini akan cocok bagi anda.

Saya tidak akan membahas mencetak melalui printer mahal yang sudah memiliki fitur wifi direct. Namun saya hanya akan mengulik secara praktis bagaimana caranya mencetak dokumen langsung dari smartphone android tanpa memerlukan laptop serta menggunakan printer rumahan yang sering dipakai.

Apa yang anda butuhkan?

  1. Smartphone android yang mendukung fungsi OTG (USB on the Go).
  2. Kabel, OTG.
  3. Aplikasi StarPrint.

Mari saya membahasnya satu persatu yang anda butuhkan di atas.

Pertama adalah Smartphone yang mendukung OTG, bagaimana Anda mengetahui apakah smartphonenya sudah mendukung fungsi tersebut? Mudah sekali, Anda tinggal mengunjungi situs resminya dan melihat spesifikasinya, biasanya di sana akan terdapat informasi rinci mengenai gawai anda.  Cukup anda cari bagian mana yang memuat OTG Support/USB Host. Atau kalau mau sedikit repot, Anda tinggal membeli kabel OTG kemudian tancapkan ke smartphone dan kemudian juga mouse/flashdisk ke ujung yang satunya. Ketika layar smartphone ada muncul kursor mouse, maka selamat smartphone anda sudah mendukungnya, namun jika tidak muncul anda sebaiknya mengganti smartphone ada ke lain tipe. Atau ketika anda menancapkan flashdisk terus dianya menyala berkedip genit maka selamat lagi.

FYI, untuk mendukung OTG tidak harus smarphone yang mahal, ada banyak sekali yang entri level sudah mendapatkan dukungan itu. Evercoss misalnya. Kalau anda pengguna Samsung atau Huawei, biasanya untuk level rendah tidak ada dukungan sama sekali. Ingat, tidak semua smarphone android mendukung fungsi OTG. Anda harus mencobanya sendiri untuk mengetahuinya.

Kedua adalah kabel OTG, kabel OTG ini berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan peralatan eksternal yang colokannya berbasis USB Type A (tidak bisa bolak balik), yang colokan jantan (microusb) ditancapkan ke smartphone, kemudian colokan yang betina dapat di tancapi banyak peralatan misalnya Mouse, Keyboard, Flashdisk, Hardisk External, atau Card Reader.

Bagi yang belum mengetahui, kabel OTG berbeda dengan kabel data. Perbedaan sederhananya seperti ini, jika kabel OTG itu ujung yang satu tertancap dan ujung yang lain dapat ditancapi, sedangkan kabel data semua ujungnya tertancap.

Kabel ini harganya murah meriah, saya yang berdomisili di Wonogiri hanya mengeluarkan uang sebesar 15.000 saja untuk mendapatkan kabel kualitas sedang. Menurut pengalaman, jika Anda membeli kabel dengan kualitas rendah karena ingin mendapatkan harga murah, maka bersiaplah selalu berkeluh kesah dengan koneksi yang plin-plan, kadang iya dan kadang tidak. Anda dapat membelinya di toko aksesoris handphone atau toko komputer.

Ketiga, aplikasi StarPrint. Atau lebih lengkapnya StarPrint Mobile Print App. Anda dapat memperoleh aplikasi ini dari Playstore, atau kalaupun itu tidak ada, anda dapat mencarinya sendiri di situs penyedia aplikasi pihak ketika yang menyediakan  dalam format apk. Saya sendiri merekomendasikan Anda untuk mendowload sendiri dari pihak ketika, untuk kemudian menyimpan file hasil unduhan di laptop. Sehingga ketika sewaktu waktu anda membutuhkannya anda tidak perlu lagi untuk mengunduhnya lagi.

Untuk mencarinya, Anda dapat menggunakan kata kunci ‘ starprint apk” maka dalam hitungan detik anda akan mendapatkannya. Ukuran unduhan Starprint membutuhkan sekitar 30 Mb saja. Jika anda kesulitan mencari, maka anda dapat menghubungi saya melalui email: layangseta@gmail.com untuk kemudian saya akan mengirimkan file apknya secepatnya.

Okay, setelah anda dapat memasangnya di gawai, maka langkah selanjutnya adalah mencolokkan kabel  micro usb ke smarphone, kemudian ujung satunya ke kabel printer, dan biarkan aplikasi kecil ini mendeteksi merk dan tipe printer yang anda gunakan (printernya harus menyala dahulu sebelum ditancapkan). Setelah terdeteksi , maka anda dapat mencetaknya seperti halnya menggunakan laptop biasa. Karena ini menggunakan pendeteksian otomatis, maka koneksi internet adalah mutlak.

Menu yang terdapat di aplikasi ini mudah di pahami kok. Jika anda sering melakukan pencetakan melalui Word atau Excel maka anda akan cepat memahaminya.

 

Note:

  • Saya mengunduh aplikasinya dari situs com.
  • Jangan samakan dengan komputer ketika smartphone sedang mencari printernya, anda membutuhkan sabar.
  • Kadang ada tenggang beberapa detik ketika anda sudah memberikan perintah untuk mencetak dari gawai. Jadi bersabarlah ya.
  • Kadang untuk mencetak word tidak cepat respon, maka jalan satu satunya adalah mengubah file tersebut dalam format pdf.
  • Ketika melakukan preview dokumen sebelum di cetak, aplikasi ini akan lebih mengenali pdf dari pada format yang lain.
  • Akan ada watermark di setiap hasil cetak. Jika anda tidak menginginkannya, maka anda dapat membelinya dengan bonus iklan yang pasti akan lenyap.
  • Dalam percobaan ini saya menggunakan printer inkjet Canon IP 2770 dan printer laser HP L110, waktu responnya lebih cepat menggunakan printer laser.
  • Saya belum pernah mencoba menggunakan printer Epson dan Samsung serta dot matrix.

 

Cukup sekian, semoga bermanfaat.

 

Have a good day bro.

 

starprint
Tampilan Menu StarPrint
Kabel OTG

14 thoughts on “Anda Ingin Mencetak Dokumen Langsung Melalui Smartphone ?

  1. Sy blm punya Kabel OTG, nnti pngen beli sy, dan jg aplksi itu, soalnya kdang sy jg prlu ngeprint ringkas, skrg jg jrang pgang laptop, sllu hape, dan mostly data2 jg di hape.

    Mksh mas ya, sy snang dpat tips gratis begini. Gbu

    Like

      1. Ya, nnti sy cb. Itu kbel OTG dijual d smua gerai hape sj ya?

        Ya, sy senang krn Anda sllu bs mnulis, ntah ttg guru, mngjar ampe urusan teknologi..keren lah, istilahnya…

        Like

    1. saya belum pernah mencoba mas, kalau itu tidak support di coba aplikasi nya versi yang lebih lama, Karena kadang beda versi juga mempengaruhi bisa dan tidaknya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s