Anda Membutuhkan Aplikasi untuk Mencatat?

Screenshot_2018-03-12-11-54-22-351_com.evernote

Jika anda membutuhkan aplikasi bagus untuk mencatat, saya sarankan anda menggunakan Evernote.

Simple Guide

Evernote merupakan aplikasi cross platform yang dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi, baik Blackberry, Android, iOS maupun Windows.  Aplikasi ini bersifat gratis untuk di unduh, tanpa ada in app purchasing (pembayaran kemudian ketika sedang menggunakannya).

Fungsi utama dari Evernote seperti yang sudah saya utarakan di atas adalah tempat mencatat sebagai pengganti kertas. Catatan yang dapat anda simpan sangat beragam, mulai dari teks biasa, gambar, suara pdf,  sampai dengan video.  Disamping itu, Evernote sendiri selalu mengkampanyekan  untuk revolusi kantor dengan sistem paperless office dan mengajak untuk berhemat kertas yang nantinya juga akan banyak mengurangi penebangan hutan.

Mengapa Evernote memakai gajah sebagai iconnya? Karena menurut Zoologist gajah merupakan hewan yang  memiliki daya ingat paling kuat diantara hewan yang lainnya, ini pula sejalan dengan misi Evernote itu sendiri yaitu catatan yang tidak akan pernah hilang.

Evernote berbasis cloud (awan), jadi semua catatan yang telah ditulis di aplikasi ini akan secara otomatis tersimpan di internet selamanya. Akan ada semacam sinkronisasi ketika aplikasi di buka. Sehingga anda tidak perlu khawatir catatan-catatan penting yang sudah anda buat hilang ketika berganti gawai, cukup masukkan username dan password pada gawai baru, maka secara otomatis catatan lama anda akan berpindah sendiri secara mudah.

Ketika pertama kali menggunakannya anda akan di tawari untuk memilih beberapa paket. Pemilihan ini nanti digunakan untuk menambah jatah jumlah file yang di unggah per bulan.

Paket itu antara lain, paket Basic, Plus dan Premium, perbedaannya adalah jika menggunakan Basic kita tidak akan membayar-free, namun untuk jumlah unggahan filenya di batasi hanya sebesar 60 Mb per bulan, sedangkan Plus kita diharuskan membayar sebesar USD 34,99 / tahun dengan total jatah unggahan per bulan sebesar 1 Giga dan yang terakhir adalah paket Premium, untuk ini anda diharuskan untuk membayar sebesar USD69,99 / tahun dengan total jatah unggahan per bulan sebesar 10 Giga.

Untuk memulainya anda cukup unduh aplikasinya dan registrasikan dengan username (email) dan password sesuai dengan keinginan dan anda sudah siap menggunakannya.

Oh ya, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Namun tenang saja, Evernote hanya membutuhkan koneksi ketika mengunggah dan mengunduh data. Jadi,  jika anda hanya menginginkan melihat catatan  atau membuat catatan baru, anda tidak akan membutuhkannya. Koneksi akan berlangsung ketika anda membuka catatan yang sangat lama.

Anda juga dapat melihat catatan di situsnya secara live. Di situsnya tersebut anda malah lebih luwes untuk membuat dan mengatur dokumen dengan fitur-fitur bawaan yang tidak terdapat di aplikasi gawai.

Untuk memaksimalkan fungsinya, anda juga dapat menggunakan Evernote Web Clipper di browser kesayangan. Add on ringan ini akan berfungsi untuk menyimpan situs yang kita sukai ke akun Evernote kita,  kemudian dapat kita buka lagi di gawai ketika sudah selesai. Jadi intinnya seperti ini, ketika anda jalan-jalan di internet kemudian menemukan artikel menarik, namun anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk membacanya anda tinggal menggunakan Web Clipper, dan voila, artikel tersebut sudah masuk ke gawai dan anda dapat membacanya dengan nyaman ketika dirumah.

evernote
Surat Tilang Gara gara SIM nya sudah kadaluarsa

Pengalaman Pribadi.

Saya mengenal Evernote sejak memiliki smartphone Android untuk pertama kalinya. Waktu itu saya membeli Sony Xperia dan ternyata aplikasi ini sudah terpasang secara otomatis dari sononya. Dan sejak saat itulah saya selalu memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Pertama kali saya kebingungan untuk memanfaatkannya, namun makin hari maka catatan-catatan itu semakin bertambah.

Saya saat ini menggunakan paket Basic, meskipun per bulan hanya mendapatkan jatah sebesar 60 Mb namun tidak pernah menghabiskannya sampai separuhnya. Karena saya kebanyakan menggunakan file berbasis teks, jadi lebih hemat.

Kalau anda hanya menggunakan untuk keperluan biasa saja misalkan mencatat nomor penting, mencatat daftar belanja, mencatat password dan email saya sarankan memilih yang Basic saja.

Sampai saat ini saya masih menggunakan aplikasi versi lama. Karena aplikasi yang paling baru terlalu berat untuk gawai . Ya memang sih saya tidak dapat menikmati kemudahan fitur yang baru, namun  ini sudah membuat saya senang.

Sebagai tambahan,  sekarang saya masih menggunakan untuk hal- hal berikut ini:

  • Daftar belanja.
  • Rencana jangka panjang dan jangka pendek.
  • Jadwal tanam dan pemupukan.
  • daftar harga harga barang.
  • Daftar yang harus di kerjakan.
  • Jadwal ke bengkel.
  • Catatan kecil.
  • Ide – ide menarik
  • Menyimpan hasil scan. Entah itu dokumen atau surat surat berharga.
  • Log  harian mengajar.
  • Username dan password yang banyak, mulai dari Email, Facebook, GTK, Dapodik, dan password terlupakan lainnya.
  • Screen capture dari situs penting.
  • Dan masih banyak lainnya.

Saya menyukai Evernote lebih gila lagi karena dalam blog yang terpisah dari situs utama, disitu terbentuk komunitas yang baik yang mengeksplorasi lebih jauh dari fungsi utama Evernote. Di situ juga terdapat ide ide menarik dan unik yang kadang diluar pikiran saya.

Have a nice day bro.

 

22 thoughts on “Anda Membutuhkan Aplikasi untuk Mencatat?

              1. Samaaaa hahahaha.. semua riwayat bengkel saya simpan. Kapan terakhir ke bengkel, yg diperbaiki apa saja, source code penting, sertifikat penting anak, dsr

                Like

              2. lengkap benerrr…enak ya Kita tinggal buka aplikasi dan gan mungkin terlewatkan…eh gak sekalian potongan rambut yang cocok mas? jadi nanti tinggal kita kasih ke barbernya 😂😂

                Like

  1. Kebetulan, sy memang lg perlu dan slma ini nyari2 aplikasi ap yg pling pas buat catatan, baik yg bs dpkai secara daring maupun luring, krn sy memang sring bikin catatan, dan krn skrg zaman gawai, ya maunya sih simple smua ada di gawai..

    Tp evernote ini lumayan ekonomis kan? Sy kurang pham yg ada pke dolar2 itu, itu gmn maksudnya?

    Mas tahu aj dech yg kita prlu, mksh ya udah rajin brbgi. Bsok2 sy berharap apa aplikasi yg bs bongkar WA yg bersandi..dan Anda bs share dsini

    Like

    1. itu ekonomis pak, yang dolar itu untuk bayar langganan kita, kalau bayar berarti Kita mendapatkan kuota 1 giga dan 10 giga per bulan, kalau yang gratis kita hanya mendapatkan 60 mb perbulan, .. kita per bulan hanya dapat menambah file sebesar itu pak, haduh belibet nih..😂😂.

      wah saya menuliskan pengalaman pak, kalau yang bersandi sandi mungkin agak sulit, tidak bisa di terapkan secara umum😃

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s