Kio-Kit, menyulap kelas biasa menjadi digital dalam sekejap

LEARN PLAY AND GROW

205409_14520_large_entry_medium

Awalnya saya hanya berselancar di youtube untuk mencari  portable projector yang dapat terhubung dengan smartphone.

Akhir akhir ini sepertinya saya membutuhkan gadget semacam itu, tujuannya ya  hanya untuk menonton film di kamar ketika sedang malas keluar mencari hiburan. Akan lebih nikmat dengan menggunakan projector  daripada harus terpaku di depat laptop atau smartphone.  Dengan ini aku juga dapat menggunakannya di kelas ketika sedang mengajar. Kalau kepepet listriknya padam atau ketika malas gotong-gotong aja.

Nah, Secara tidak di sengaja ketika sedang melihat review projector mini Asus, di sampir bilah kanan terdapat salah satu video yang menarik, karena ada anak kecil yang sedang memegang tablet di dalam kelas. Saya klik sebentar dan mencoba menikmati isinya. Setelah beberapa saat saya menjadi tergugah dan terinspirasi.

Ternyata yang saya lihat tadi merupakan channel milik BRCK Education (http://education.brck.com/) yang berlokasi di Nairobi Kenya, Afrika Timur. Dalam video itu di jelaskan bagaimana upaya mereka untuk membuat pendidikan di daerah terpencil dan terbelakang menjadi lebih maju dengan menggunakan Kio-Kit sebagai alat bantunya.

Dalam video itu juga terlihat anak anak sangat senang menggunakan Kio-Kit dalam pembelajaran yang di asuh oleh guru lokal.

******

Apa sih  sebenarnya Kio – Kit?  “The Kio Kit is a simple and elegant solution made up of 40 Kio tablets, a BRCK, wireless tablet charging to reduce breakage, and a hardened, water-resistant, lockable case. There is a single plug used to charge the kit and one button to power on the entire system.”

Slogan mereka adalah BRCK Education provides a holistic education technology solution that turns every classroom into a digital classroom. Our vision is to enable millions of children in schools across emerging markets to access digital educational tools for better learning.

Kedengaran luar biasa banget ya tujuan mereka.

Picture11

Yah intinya, Kio_kit ini  adalah kotak yang berisi 40 tablet murah dan sebuah mini server yang berisi materi edukasi yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

Kio-Kit dirancang tahan air dan tahan banting yang menyesuaikan dengan topografi Afrika itu sendiri. Untuk sumber dayanya dapat di pilih dari berbagai macam, bahkan dapat pula menggunakan Solar Cell. Pokoknya sangat fleksibel lah.

Dengan warna kuning ngejreng, saya pastikan anak anak di sini akan sangat senang untuk menggunakannya. Apalagi di tambah lagi dengan adanya headset personal sehingga kelas tidak akan menjadi berisik dengan suara masing-masing tablet.

Sangat kreatif.

Tablet ini juga dapat mengakses internet yang disediakan oleh mini server yang sudah termasuk di dalamnya. Kalaupun tidak ada akses internet, di dalam server sudah di sediakan banyak content digital yang telah disesuaikan.

Brck_education_logo

Dan tablet tablet ini dapat di charge tanpa menggunakan kabel, sehingga sangat praktis untuk digunakan di kelas tanpa perlu repot tancep sana dan tancep sini. Cukup di kembalikan ke dalam wadahnya, maka dia akan di charger secara otomatis.  Untuk Daya tahan baterainya juga lumayan lama, dalam satu kali charge satu tablet dapat bertahan selama 8 Jam. Sesuai dengan lama waktu belajar di sekolah sekolah umum.

Kalau mempunyai ini satu saja di sekolah, saya membayangkan betapa mereka itu akan bahagia dalam belajar. Mereka akan dapat mengeksplorasi dunia yang lebih luas dengan menggunakan koneksi internet. Mereka dapat belajar dengan lebih enak karena content yang disediakan bersifat multimedia dan ada juga game edukasi yang cocok untuk segala umur.

Kio-Kit-Wide

Ketika saya mengajar, saya hanya akan membawa satu box Kio-Kit ke kelas kelas tanpa perlu menggunakan laboratorium komputer jika ingin mendapatkan referensi tambahan. Betapa enaknyaaaa…, jadi seperti membawa satu lab penuh hanya dalam satu kotak hitam itu.

Pak Sarpras, kita beli ini yuk!!!! Saya dapat memastikan sekolah kita akan selangkah lebih maju daripada sekolah yang lain, eee atau mungkin kita dapat menjadi pelopor.

End.

(Sumber gambar, brckeducation)

2 thoughts on “Kio-Kit, menyulap kelas biasa menjadi digital dalam sekejap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s