Cara mengupgrade kartu indosat ke jaringan 4G

image

Saya merupakan pelanggan Indosat yang setia. Semenjak jaman kuliah hingga detik ini saya selalu menggunakannya, baik untuk SMS telpon dan internetan. Selain harganya yang masuk akal, hal yang saya suka dari Indosat adalah meskipun hanya akan mendapatkan sinyal E namun saya masih dapat menggunakannya untuk berselancar. Berbeda dengan operator sebelah yang sebentar bentar error dan kalau jaringannya tidak sesuai maka internet sudah tidak bisa dipakai lagi. Dan ini akan membuat smartphone menjadi panas karena terus terusan mencari jaringan.

Setelah lama bermain-main di 3G maka kemudian saya tertarik untuk pindah ke jaringan 4g yang katanya lebih cepat dan banyak bonusnya.

Dari hasil membaca beberapa sumber, saya mengetahui bahwa untuk upgrade ke 4g saya diharuskan datang sendiri ke galeri Indosat terdekat untuk penggantian kartu khusus 4g.

Dahulu untuk upgrade kartu lebih sederhana, pelanggan cukup datang ke Indomaret, Alfamart, Circle K, Erafone, Sentra 2000 dan Sentra Ponsel, dan menukar kartu lama dengan kartu baru secara gratis, namun model seperti ini ternyata sudah di hapus.

Masalahnya, untuk mencapai Galeri Indosat paling dekat-pun saya harus naik kendaraan selama 2 jam penuh untuk sampai ditempat tersebut. Jadi saya selalu menunda nunda niat untuk upgrade selama berbulan bulan.

Nah kemarin kebetulan saya ke Solo untuk melihat lihat ROWN DVSN, maka dari itu saya sekalian saja untuk upgrade kartu.

Galeri Indosat Solo terletak di Purwosari, sebelah selatan agak ke timur dari stasiun kereta api Purwosari. Sebelah selatan jalan Slamet Riyadi yang ada rel nya itu.

Eh ternyata sekarang menjadi satu arah to, he he. Hampir saja ketangkap pak polisi. Terus aku pura pura belok saja.

Waktu itu hujan rintik rintik, setelah saya parkir kendaraan (hanya motor, belum kuat membeli mobil) di depan galeri kemudian menuju pintu utama. ย Didalamnya ternyata banyak banget pelanggan yang sedang antri dengan keperluan yang berbeda-beda.

Ketika masuk, ย saya langsung ditanyain dengan ramah oleh pegawai (laki-laki) Indosat apa keperluannya. Saya menjawab bahwa ingin upgrade kartu lama ย ke 4G. Maka setelah itu saya diberikan kertas antrian dan disuruh menunggu ditempat yang disediakan. Saya harus menunggu sejumlah 34 orang sebelum saya dapat dipanggil dengan nomor antrian C207. Saya berpikir, wah ini nanti pasti akan membosankan karena tidak ada teman untuk berbincang-bincang santai. Mau cari kenalan, eh ternyata pengunjung rata-rata datang dengan pasangannya, jadi saya tidak mau menjadi orang ketiga.
image

******

Untuk ruangannya nyaman dan ber AC. Di beberapa sudut dipajang banner promo Indosat bulan itu, kemarin yang dipajang adalah Paket Yellow dan Freedom, disana juga ada beberapa smartphone bundling yang dapat kita coba sesuka hati, namun jangan terlalu keras ditarik, nantinya alarm akan berbunyi, kan malu maluin kita diliatin satu ruang. Di kirain mau mencuri. Eh Ada juga toilet di sudut timur (penting ini).

Pegawainya banyak dan mereka memakai seragam kuning khas indosat. Ada yang duduk di depan komputer masing-masing, ada yang sedang fotocopy KTP dan KK dan ada juga yang mondar-mandir di antara pengunjung sambil membawa tablet. Ada juga beberapa sales merk handphone tertentu yang sedang dandan.

Ternyata, saya tidak harus menunggu terlalu lama untuk penggantian kartu. Beberapa pegawai yang keliling dan tanya-tanya kepada pengunjung sambil membawa tablet itu tadi ternyata membantu mempercepat antrian agar tidak menumpuk di counter semua. Mereka sangat pro aktif dengan pengunjung yang merupakan pelanggan.

Saya langsung ditanya oleh mbak mbaknya dan dibantu untuk upgrade seketika itu juga.

Untuk upgrade kartu diharuskan membawa KTP untuk di inputkan ke dalam sistem. Kalau belum diregistrasikan melalui 4444 itu diharuskan untuk membawa KK sekalian, he he.

Sambil menunggu proses upgrade kartu, mbak mbaknya melakukan survey kecil kecilan kepada pengguna dengan pertanyaan seperti ini. (ingat semua orang baik tua dan muda pasti akan di panggil bapak atau ibu jadi jangan langsung baper ketika masih perjaka kemudian di panggil bapak).

  1. Bapak sudah berapa lama memakai Indosat?
  2. Bapak kapan terakhir kali mengisi pulsa ?
  3. Layanan apa yang sering bapak gunakan?
  4. Apakah bapak puas dengan Indosat?
  5. Apakah bapak sering menggunakan Indosat untuk mengakses internet?

Terus apalagi saya lupa, hla wong mbak mbaknya ngomongnya cepet banget. Jadinya saya malah bengong sendiri ketika ditanya.

Setelah beberapa menit kartu katanya upgrade sudah terproses. Dalam kesempatan itu saya diberikan kartu baru Indosat untuk menggantikan kartu yang lama. Setelah itu mbak mbaknya meminta izin untuk mengambil gambar saya dan kartu barunya untuk entah apa. Pake tablet lagi. haduh.
image

Dan sudah, hanya seperti itu. Yah intinya kalau ingin upgrade kartu kita cukup membawa KTP ASLI dan kartu Indosat yang masih aktif. Kalau belum registrasi ke 4444 sebaiknya sekalian membawa KK. Kalau data tidak asli, nantinya kita akan kesulitan sendiri ketika nomor kesayangan hilang dan ingin mengembalikannya (pengalaman pribadi).

******

Ketika sampai di tempat makan, saya sudah tidak sabar untuk mengetes apakah sudah terupgrade atau belum, beberapa saat kemudian saya bongkar smartphone nya (Xiaomi Redmi 2 Prime) kemudian saya ganti dengan kartu yang baru, dan alhamdulillah sudah 4g. Oh ya, mbak mbaknya bilang bahwa ciri kartu sudah terupgrade ketika kartu yang lama tiba-tiba hilang sinyal. maka saat itulah saya harus menggantikannya dengan kartu baru.

Oh ya untuk pulsa dan kuota internet tidak akan hilang. Yang akan hilang adalah kontak-kontak yang terdapat di dalam kartu lama. Sehingga saya harus membackupnya secara manual dengan memindahkannya terlebih dahulu ke smartphone untuk kemudian di copy lagi ke kartu yang baru.

Untuk pelayanannya, saya puas lah. Tidak lama dan tidak berbelit belit. Dan yang paling utama adalah gratis.

Kalau ada yang bertanya apakah pegawainya cantik cantik dan tampan rupawan, jawabannya absolutely Yess.

End.

 

 

18 thoughts on “Cara mengupgrade kartu indosat ke jaringan 4G

  1. Lengkap banget Pak (Ingat semua orang baik tua dan muda pasti akan di panggil bapak atau ibu jadi jangan langsung baper ketika masih perjaka kemudian di panggil bapak ๐Ÿ˜› :D) penjelasannya.

    Saya pernah pakai indosat, tapi hanya sebentar saja, soalnya jaringannya agak lambat untuk berselancar di dunia maya. Akhirnya saya beralih deh ka lain hati. #ehh

    Like

  2. Saya juga pengguna setia si kuning mas. Sinyalnya di kampung saya paling stabil.

    Di daerah saya masih belum ada sinyal 4g, dan hpnya juga belum dkung 4g, jadi gak dulu upgrade.

    Btw, saya orang yang sering kesinggung kalo dipanggil bapak, terutama ama yang seumuran. Wkwkkw

    Like

    1. Wah lebih beruntung saya yaa ๐Ÿ˜‚, meskipun di kampung sudah ada 4G.
      Hemat banget kalau si kuning, apalagi sekarang ada paket Yellow, 1 giga hanya 1.000 rupiah dan berlaku cuma sehari.. jadi kalau berlangganan sebulan kita hanya membayar 30.000 untuk 30 Giga๐Ÿ˜‚.

      Oh bapak Abdul marah yaa ๐Ÿ˜‚

      Like

      1. Iya mas,

        Wah saya juga make paket Yellow yang seribu mas, moga aja paketnya ada trus. Soalnya sngat pas kantong banget. Hhiii

        Nyante aja mas, hhjiiiiii ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s