Mengajar hari ini

opposites-2

sumber: kidsdictionarypicture

Artikel terdahulu saya menuliskan bahwa teman saya menyarankan saya untuk membuat artikel yang berguna untuk banyak orang sehingga menjadi amal jariyah. Namun kenyataannya ketika saya mencoba memikirkan apa yang akan berguna untuk orang lain, eh  malah menjadikan produktivitasnya berkurang.

Saya beranggapan menuliskan something yang berguna bagi orang lain tidak akan se orisinal dengan curhat-curhat pribadi. Menulis dengan jenis seperti itu malahan hanya mengambil sana-sini kemudian di kompilasi ulang dengan bahasa sendiri.

Okay, cukup.

Kali ini saya hanya akan menuliskan curhatan hi hi.

Sesungguhnya saya belum begitu sembuh Setelah sakit sejak hari jumat kemarin, namun saya tidak enak dengan anak-anak kalau kelamaan di tinggal, apalagi kalau sampai orang tua wali menanyakan kenapa saya banyak meninggalkan kelas.

Hari ini adalah hari pertama saya mengajar di kelas. Saya kebagian jam pertama bahasa inggris di kelas 7A.

Karakter kelas ini adalah, peserta didik putra lebih aktif dan rajin daripada yang putri. Kelas yang tidak normal seperti umumnya. Mereka juga termasuk smart, karena memang semua anak dengan nilai UN SD yang tinggi di kumpulkan di kelas ini.

Dengan karakter seperti di atas maka untuk mengajar mereka tidaklah memerlukan energi yang besar. Hanya cukup diberikan penjelasan seperlunya, langsung kepada intinya, maka mereka dengan serta merta akan mencari sendiri tambahan pengetahuan di buku yang lain. Setelah itu saya berikan tugas secara berkelompok dan di presentasikan di depan teman-temannya.

Setelah diberikan penilaian, sudah. Kelas selesai dengan memuaskan.

Materi yang saya berikan hari ini adalah mendeskripsikan binatang, benda sekitar dan teman satu kelas.

Untuk dapat berjalan lebih lancar dan cepat maka peserta didik harus diberikan daftar kata sifat yang dapat digunakan untuk menyusun kalimat. Jika tidak diberikan terlebih dahulu biasanya mereka akan kesulitan untuk menemukan kosa-kata yang tepat. Tidak lupa juga cara menggunakan kata sifat dalam bahasa inggris di dalam kalimat serta antonim.

Untuk menghindari bullying, saya melarang mereka menggunakan kata-kata yang berkonotasi negatif, misalkan, bad, ugly, black, fat,stupid, crazy, dll dalam penyusunan kalimat untuk mendeskripsikan teman-temannya.

Kalau digunakan untuk mendeskripisikan benda dan binatang sih boleh  boleh saja.

Dimulai dengan kalimat sederhana, kemudian dilanjutkan ke kalimat yang lebih kompleks dan bertingkat.

end.

2 thoughts on “Mengajar hari ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s