Alert !!! Mie ayam akan punah !!!

1460734757

sumber : bango.co.id

Dahulu Mie ayam di sini masih merupakan jajan utama untuk kelas menengah ke bawah. Mie ayam sangat murah, mudah di dapat dan selalu mengenyangkan. Cita rasanya juga tidak terlalu jauh dengan harapan.

Prinsipnya: belum ke kota namanya kalau belum makan mie ayam !!!

Dari desa ujung sampai dengan di kota kabupaten penjual mie ayam mudah ditemukan. Lebih mudah menemukan penjual mie ayam daripada warung makan ayam penyet. Banyak juga pengusaha mie ayam dan bakso yang merantau dan sukses di sana.

Untuk sisi penjual, usaha mie ayam dan bakso memiliki keuntungan yang cukup dengan modal yang ringan. Cukup dengan mie buatan sendiri, sedikit ayam dan sayuran sawi yang dapat ditanam dirumah maka sudah dapat mengusahakan nya.

Namun sekarang selera masyarakat mengenai jajanan yang murah dan mengenyangkan mulai bergeser.

Mie ayam sudah mulai tergeser.

Dapat terlihat dari pengunjung mie ayam dan bakso sekarang lebih didominasi oleh orang tua dan anak kecil daripada anak muda seumuran saya. Ini merupakan sinyal bahaya.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana anak anak sekolah sering mampir. sekarang malah tidak pernah.

 

Penjual mie ayam juga mengeluhkan sekarang dagangannya lebih sepi daripada tahun tahun sebelumnya. Mereka sekarang tidak mendapatkan  pelanggan baru yang lebih muda. Mereka hanya mempertahankan loyalis yang masih secara rutin mengunjungi.

Jika dibiarkan terus menerus maka nanti jenis jajanan ini juga akan menghilang tertelan jaman seperti halnya makanan sempe.

Terus kemana anak mudanya?

Anak muda sekarang lebih menyukai makanan yang memiliki rasa kuat buatan daripada rasa yang alami. Mereka juga lebih menyukai jajan ditempat tempat yang bersih dan nyaman daripada berdesak desakan di tenda sempit yang air cucian piringnya seharian tidak di ganti.

Tempatnya juga harus instagramable.

Istilah kerennya sih café. (A café is a type of restaurant which usually serves coffee and snacks. The term “café” comes from French, and means “coffee”.

You can read newspapers and magazines there, or chat with other customers about current topics. It is known as a place where information can be exchanged. wikipedia) dengan harga yang di mahal-mahalin agar terkesan elit.

Jadi aneh saja mereka lebih suka membeli kopi seharga 25.000 daripada yang hanya 3.000 meskipun sachetnya sama.

Hedonis seperti ini sudah menjalar ke kampung kami.

Eh aku menulis apaaan sih ini? kok gak nyambung.

 

 

58 thoughts on “Alert !!! Mie ayam akan punah !!!

  1. Wah saya kurang memperhatikan kalau mie ayam sudah jarang dikonsumsi oleh anak muda. Soalnya setiap saya ke RM yang ada mie ayamnya pasti banyak orang. Gak ngeh juga banyak anak muda atau tua.

    Sebenarnya hal ini juga perlu dijadikan bahan evaluasi penjual mie ayam “mengapa sampai anak muda jarang makan mie ayam”. Kalau udah tau penyebabnya, bisa diperbaiki.

    Oh ya, salam kenal ya mba.

    Like

  2. Alhamdullilah di daerah ku masih ramai meskipun ya yang beli kalangan tua, yang penting ramai sih. Oh iya anak muda sekarang lebih suka ke inovasi baru seperti miago, misago, mie ayam jamur dll yang punya level pedes maks 😀

    Like

  3. Tukang mie ayam suruh aja jualan di kantin sekolah jd ga kan punah. Dulu di kantin SMA sekolah aku ada yg jual mie ayam laku banget tp dy bikinnya rada lama. Mungkin sibuk nangkep ayamnya dlu 🙄🙄

    Like

  4. Lho saya masih sering beli mie ayam mas dan juarang banget kalau nongki-nongki di cafe. Sekalipun nongki paling di angkringan, soalnya harga lebih terjangkau dan makanannya pun juga nggak kalah dengan yang di cafe.

    Liked by 1 person

          1. Waaah.. Tapi emang saya juga makan bakso harus pilih-pilih sih, cuma bisa makan di tempat yg rekomen kalo ga mau kedapetan bakso yang kurang enak.

            Haruss dong itu, sampai kuahnya berubah warna jadi merah 😁

            Like

  5. ironis juga yak, padahal waktu sma dulu, mia ayam adalah menu favorit yang harus ada saat sepulang sekolah.
    bahkan mie ayam aku buat taruhannya, saat bersaing nilai ujian tryout waktu kelas 3, sayangnya aku selalu kalah dan harus membayar mie ayamnya,

    Like

  6. Ya sekarang faktor lokasi, ambiance, dan penataan tempat makan/resto/kafe menjadi pertimbangan pembeli, supaya kelihatan bagus saat difoto dan dishare di medsos. Malah ada juga beberapa yang rasa makanannya enggak banget tapi masih rame juga karena tempatnya yg bagus

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s