Mengajar Hemat Energi dengan menggunakan Teka Teki Silang

eclipse

Sepertinya tema semacam ini sudah saya tulis pada postingan terdahulu, ah tak apa apalah ya.

Hal yang pasti dalam pengajaran adalah peserta didik lama kelamaan akan menjadi bosan yang berakhir dengan mengantuk.

Paling parah adalah jam terakhir dimana energi mereka pastilah sudah habis. Bayangkan jam ke 123 adalah olahraga, ke 456 matematika, dan ke 78 bahasa inggris. Dapat dipastikan yang mengajar jam terakhir akan menemukan peserta didik yang capek, mengantuk, dan malas. Dengan kondisi demikian sangat sulit untuk mengajak mereka mendengarkan materi dengan baik.

Kalau jam terakhir adalah mata pelajaran PKn, akan banyak peserta didik yang keluar masuk kelas bergantian pergi ke toilet untuk….cuci muka !!!.

Ketika mengajar, guru harus selalu peka terhadap kondisi fisik dan psikis peserta didiknya.

Maka dari itu seorang guru jangan mengharapkan hal yang tinggi ketika menghadapi situasi semacam ini. Yang bisa guru lakukan adalah merangkai susunan materi semenarik mungkin agar peserta didik tergugah (dari mengantuknya) dan termotivasi. Tidak usahlah memikirkan yang terlalu revolusioner seperti ahli ahli pendidikan itu , kalau bisa sederhana namun menarik dan tidak perlu mengada ada.

Salah satu kegiatan menarik dan sederhana adalah mengisi teka teki silang.

Teka teki silang disini bukan yang dijual di kaki lima seharga 10.000 dapat 3 yang menambahkan bonus “foto menarik”  itu, namun  di sini semua isinya disesuaikan dengan materi yang ada.

Pada jaman dahulu kala, untuk mempermudah membuat sebuah TTS orang-orang menggunakan buku strimin (buku kotak kotak). Namun masa itu sudah berlalu, saat ini untuk membuat sebuah TTS hanya membutuhkan satu aplikasi.

Aplikasi tersebut adalah ECLIPSE CROSSWORD, besaran filenya hanya 579 kb jadi tidak akan membebani komputer. Dapat di download di situs resminya. EclipseCrossword digunakan hanya untuk komputer, sampai saat ini belum ada aplikasi untuk android.

Aplikasi ini memiliki lisensi gratis digunakan siapa saja, baik perorangan maupun untuk komersial. Untunglah ini tidak membutuhkan koneksi internet dalam penggunaannya dan tidak membutuhkan lagi download ini itu, ketika sudah terinstall dapat langsung dapat dipakai untuk menyusun TTS.

Meskipun kecil, namun memiliki fitur fitur lengkap.

Dengan aplikasi ini guru tidak perlu sampai pusing untuk menghitung kotak kotak dan menentukan huruf mana saja yang dijadikan sebagai petunjuk, memikirkan kata mana saja yang dijadikan mendatar dan menurun,  guru hanya perlu klik klik  sederhana dan mengetikkan kata kunci beserta pertanyaannya. Dan sambil mengucapkan jadilah, maka jadilah..teka teki silangnya.

Guru juga dapat menyimpannya dalam bentuk word, pdf atau langsung mencetaknya. Dengan demikian guru dapat menggunakannya lagi untuk tahun mendatang. Daftar kata juga dapat disimpan kembali, sehingga suatu saat tidak perlu repot lagi mencari-cari pertanyaan yang sesuai.

Peserta didik dapat mengerjakan teka teki silang ini secara berkelompok maupun individu. Menurut pengalaman akan lebih menarik lagi kalau teka teki silangnya tidak ada yang sama sehingga semangat untuk menyelesaikannya tidak akan pernah padam.

Nanti guru akan menemukan potensi anak anak yang belum tergali sepenuhnya ketika pembelajaran biasa. Belum tentu juara kelas menjadi mudah mengerjakan ini. Kadang seorang anak membutuhkan imajinasi tinggi dan memperluas cakrawala nya diluar pertanyaan dasar dalam teka teki silang itu. Latar belakang peserta didik akan sangat berpengaruh terhadap sukses dan tidaknya.

Bayangkan betapa gemesnya mereka ketika hanya tinggal satu jawaban namun setelah sekian lama memikirkan tidak juga menemukannya.

 

End.

 

4 thoughts on “Mengajar Hemat Energi dengan menggunakan Teka Teki Silang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s