3 Sesi dalam penggunaan video ketika mengajar

Saya sering menggunakan video untuk menambah daya tarik pembelajaran.
image

Peserta didik sekarang akan lebih suka dengan konsep belajar audio visual. Jarang sekali peserta didik sekarang mau untuk membaca buku yang tebal dalam keadaan sadar dan ikhlas. Ini sesuai dengan jaman now. Coba saja perhatikan anak anak sekarang, apakah ada yang setiap sore tekun untuk membaca buku pelajaran yang membosankan itu? Maka dari itu dalam rencana pengajaran saya mencari penyesuaian dengan perkembangan anak jaman sekarang. Dan setelah trial and error maka saya menemukan pembelajaran yang menarik dengan menampilkan video.

Saya memasukkan video kadang di awal pelajaran, ditengah tengah pelajaran dan pada akhir pelajaran sebelum bel pergantian jam.

3 waktu ini akan memberikan efek yang berbeda.

Jika ingin membangkitkan motivasi belajar maka letakkan di awal pelajaran sebelum masuk ke materi, jika ingin digunakan sebagai ice breaking agar tidak buntu, putarkan di tengah tengah pembelajaran dan ketika ingin di ingat selamanya, letakkan di paling akhir.

Video sebaiknya jangan terlalu panjang juga jangan terlalu pendek. Cukuplah dalam durasi 5-8 menit. Video yang terlalu lama juga akan menghabiskan waktu pembelajaran yang sempit.

Jika terlalu pendek maka peserta didik kurang dapat menghayati pesan yang ingin kita sampaikan, sedangkan jika terlalu panjang maka peserta didik itu sendiri juga menjadi bosan.

Untuk video di awal pelajaran saya sering memutarkan mereka tentang hal hal unik yang ada didunia ini, misalnya proses pembuatan pensil, pembuatan payung dan kadang national geographic yang pada intinya akan membuka cakrawala pengetahuan mereka tentang dunia ini sehingga dapat melambungkan cita citanya..

Kalau ditengah pelajaran, saya memutarkan kata-kata bijaksana yang dibumbui dengan sedikit masalah umum mereka -cinta.

Sedangkan di akhir saya lebih sering menggunakan video yang memuat nilai moral. Contohnya kisah pengorbanan ayah untuk membahagiakan putrinya. Pesannya akan terbawa hingga jam pelajaran berikutnya dibandingkan di awal pelajaran. Ketika di awal pelajaran kesan kesan tersebut akan tertutup lagi dengan materi yang disampaikan oleh pengajar.

Short Movie juga sangat bagus untuk membangun imajinasi mereka.

End.

12 thoughts on “3 Sesi dalam penggunaan video ketika mengajar

    1. kids yang sudah old pun sekarang menjadi sama, bayangkan saja, sekarang ketika sedang rapat para bapak dan ibu malah asyik chat lewat grup masing masing, duuh..

      Like

        1. bahasa baru “mrenguk” apaan tuh??

          saya pernah seperti itu, tapi malah kelas jadi kacau balau..
          gimana mau menyampaikan materi kalau setiap menit mereka malah ingat yang lucu lucu, ..trus ketawaa, yang lain juga ikutaan..duuh repot

          Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s