Membutuhkan Waktu Satu Tahun Untuk Mendapatkan KTP Baru

image

Aku mengajukan aplikasi administratif untuk mengganti  alamat dan status di kecamatan sejak bulan September 2016 kemarin. Untuk administratif semacam KK sudah selesai sehari itu. Tetapi baru minggu lalu aku mendapatkan KTP secara fisik melalui undangan yang dititipkan lewat kepala dusun.

Alasan utama aku mengganti KTP karena kartunya sudah rusak parah. Plastiknya lepas, foto dan keterangan yang ada dikartu juga sudah blur . Bukan karena sering dipakai seperti halnya kartu ATM tapi lebih karena dompetnya sering basah.

Dan satu alasan yang terpenting adalah E KTP ku dahulu belum bertuliskan SEUMUR HIDUP.

Dari obrolan mereka aku tidak akan menyalahkan petugas petugas yang ada di kecamatan, karena mereka hanya menerima dhawuh dari atasan. Mereka tahu proes yang sebenarnya. Keterbatasan stok bahan baku merupakan alasan utama kenapa perolehan kartu fisik berlangsung sangat panjang. Jadi tidak ada gunanya kita meraung raung dan kesal kepada mereka, toh untuk mendapatkannya kita tidak dipungut biaya apapun.  So keep calm.

Selama masa menunggu kartu fisik jadi, kami diberikan semacam surat pengantar kecamatan yang bisa digunakan sebagai pengganti KTP biasa. Surat pengantar itu hanya selembar kertas HVS 70 gr yang berisi keterangan dan tanda tangan bahwa kertas tersebut secara sah dan resmi bisa digunakan sebagai pengganti KTP sementara. Surat ini berlaku selama 6 bulan, dan setelahnya bisa diperbarui lagi.

Jangan dikira kertas lusuh ini tidak sakti. Aku sudah menggunakannya untuk memperpanjang SIM dan membuka rekening baru yang semuanya sukses.

end.

 

16 thoughts on “Membutuhkan Waktu Satu Tahun Untuk Mendapatkan KTP Baru

          1. Haduh…kasian betul. KTP adalah hak masyarakat, sangat disayangkan kalau pengurusannya malah terkesa lambat seperti ini. Tapi, untungnga ada surat pengagnti seperti yang mas katakan dalam tulisan, jadi agak sedikit terbantu.

            Like

  1. Sama. Saya juga bikin ktp dan kk baru itu lama. Sudah 6 bulan gak kelar. Minta tolong tetangga yg kerjanya di desa malah biayannya mahal. Ngurus KTP aja susah gak simpel. Mungkin ini adalah dampak koruptor yg makan uang e-ktp jadinya semuanya lama dan berantakan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s