Persiapan Sebelum Mengikuti PLPG Tahun 2017

Kali ini aku menulis artikel serius yang aku maksudkan untuk mereka yang sedang melakukan persiapan mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) tahun 2017.

Tulisan di bawah ini hanya ringkasan dari Undangan yang aku terima dari LPTK, mungkin saja berguna bagi rekan rekan guru

KETENTUAN-KETENTUAN PENTING PESERTA PLPG

  1. Peserta diwajibkan membawa:
    1. Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Kab./Kota/Provinsi rangkap 1.
    2. Identitas diri yang masih berlaku (KTP, SIM atau sejenisnya).
    3. Kartu Asuransi Kesehatan (Askes) BPJS bagi yang memiliki.
    4. Membawa Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit
    5. RPP 1 kali tatap muka Kurikulum 2013 (revisi) dalam bentuk soft dan hardcopy rangkap 1. Bagi peserta yang sekolahnya belum melaksanakan Kurikulum 2013 (revisi) membuat draft RPP sesuai dengan kemampuan masing-masing. RPP akan dipresentasikan pada workshop SSP I.
    6. Dokumen-dokumen penunjang kegiatan akademik: kurikulum 2013 (revisi), buku pegangan guru, buku pegangan siswa, silabus, contoh RPP, bahan pustaka/buku ajar, dan media yang akan digunakan pada saat workshop dan peer teaching/counseling.
    7. Pas Foto Berwarna Ukuran 3 x 4 Cm 3 lembar untuk ditempel pada kartu identitas peserta PLPG dan Album Cetak Sertifikat (ditempel di form biodata).
    8. SK pembagian tugas mengajar tahun akademik 2016/2017 dan 2017/2018 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.
    9. Perlengkapan pribadi: perlengkapan mandi, obat-obatan pribadi dan perlengkapan lain yang diperlukan.
  2. Peserta diwajibkan mengenakan pakaian sesuai dengan jadwal berikut:
    1. Hari ke 1-2: pakaian lengan panjang atas warna putih berdasi dan bawah warna gelap, jilbab putih/hitam.
    2. Hari ke 3-8: pakaian batik.
    3. Hari ke 9-10: sama dengan hari ke 1-2.
    4. Hari ke 11: pakaian bebas rapi, kecuali yang melaksanakan ujian ulang peer teaching/counseling pakaian lengan panjang atas warna putih berdasi dan bawah warna gelap, jilbab putih/hitam.
    5. Hari ke 12: pakaian lengan panjang atas warna putih berdasi dan bawah warna gelap.
    6. Pakaian putra: celana panjang, putri: rok panjang minimum 15 cm di bawah lutut.
  3. PLPG dilaksanakan di hotel dan disediakan tempat penginapan di hotel. Oleh karena sempitnya lahan parkir, dimohon peserta tidak membawa mobil ke hotel.
  4. Peserta diwajibkan menginap di hotel tempat PLPG dilaksanakan.
  5. Peserta diwajibkan presensi di hotel setiap hari 1 kali setelah makan malam.
  6. Peserta diwajibkan presensi di kelas 3 kali sehari: pagi, siang, dan sore hari.
  7. Bagi peserta yang sakit, biaya perawatan medis/rumah sakit menjadi tanggung jawab peserta.
  8. Peserta yang karena sesuatu hal tidak dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PLPG, TIDAK akan dipanggil/TIDAK dapat mengganti pada PLPG pada tahap berikutnya (untuk menghindari double funding/penganggaran ganda)
  9. Peserta yang tidak memenuhi panggilan karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan diwajibkan memberitahu kepada panitia paling akhir 1 hari sebelum PLPG dilaksanakan dan diberi kesempatan untuk mengikuti PLPG tahap berikutnya pada tahun berjalan selama PLPG masih dilaksanakan dan rombel bidang studi yang bersangkutan masih ada.
  10. Peserta yang tidak memenuhi butir (9) dan tidak ada alasan yang dapat dipertanggung jawabkan dianggap mengundurkan diri.
  11. Saat ini masih proses verifikasi berkas PLPG oleh LPTK, sehingga bila ditemukan peserta yang tidak memenuhi persyaratan kepesertaan yang bersangkutan dinyatakan batal demi hukum.
  12. Pengumuman ini juga dapat diakses melalui : http://psg141.ums.ac.id
  13. Peserta wajib membawa dan mengumpulkan SK pembagian tugas mengajar T.A. 2015/2016 dan 2016/2017 yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.
  14. Panitia PLPG tidak memungut biaya apapun selama kegiatan PLPG berlangsung

Beberapa hal berkaitan dengan Presentasi Laporan Akhir Pembekalan PLPG:

  1. Peserta wajib membawa:
    1. 1 berkas Laporan Akhir Pembekalan PLPG secara lengkap sesuai format laporan yang telah ditentukan dalam bentuk tercetak (hardcopy). Laporan ini akan dinilai oleh instruktur dan dapat digunakan sebagai bahan belajar menghadapi UTL dan UTN. Format laporan dapat dilihat pada http://psg141.ums.ac.id
    2. 1 berkas yang berisi halaman judul dan lembar pengesahan dari Kepala Sekolah (tanda tangan dan cap asli), kata pengantar, dan daftar isi, dalam berkas yang terpisah dari laporan pada poin a di atas.
    3. file laporan akhir lengkap dalam bentuk CD yang dilengkapi dengan identitas pada bagian luar. File dalam format doc/docx atau PDF, dan berisi sama dengan berkas tercetak yang diserahkan.
  2. Untuk menunjang presentasi laporan, diperkenankan membawa media dalam bentuk poster, flipchart, file PowerPoint, atau bentuk lainnya. Projector disediakan secara mandiri oleh peserta sesuai kelompok pembekalannya. 3
  3. Waktu presentasi yang disediakan untuk setiap peserta adalah 20 menit untuk presentasi dan 10 menit untuk tanya jawab dengan instruktur. Instruktur berhak menentukan materi apa yang dipresentasikan oleh peserta, diambil dari materi yang telah dipelajari dan dilaporkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s