Membeli Lokal akan Membantu Perekonomian Pedagang Kecil

 

image

Aku mempunyai kebiasan untuk ngelayap kemana mana ketika pikiran lagi kacau. Ya tujuannya untuk merefresh otak. Kelayapan yang tidak tentu arah, bisa di pasar, di mall disekolah atau bahkan di hutan. Kebiasaan ini sudah dimulai ketika aku masih di sekolah dasar. Keseringan kelayapan aku jadinya suka memperhatikan lingkungan ketika lagi jalan jalan. Ada yang lagi bekerja , ada yang lagi bengong ada juga yang merecoki yang lain untuk malas malasan.

Sampai suatu saat aku membeli makanan dan minuman di sebuah warung kecil. Penjualnya udah tua dan katanya sering sakit sakitan. Kami ngobrol kesana kemari dalam segala hal sampai akhirnya aku bertanya apakah keuntungan dari berjualan di tempat tersebut sudah cukup untuk makan sehari hari.

 

Beliau menjawab keuntungannya tidaklah seberapa. Beliau mengambil untung sangat sedikit dari dagangan yang dia jajakan. Misalkan sebotol minuman keuntungannya 500, makanan kecil juga 500. Dia tidak bisa mengambil keuntungan lebih banyak dengan aji mumpung, karena takut pelanggan tidak akan mau datang lagi. Beliau kulak dagangan juga hanya dari pedagang lainnya dalam jumlah yang kecil, sehingga tidak bisa mengambil selisih yang banyak dari harga eceran.

Dari obrolan di warung itu aku mengubah persepsiku tentang harga suatu barang. Secara umum semua orang akan melihat dan memilih harga terendah dari barang barang yang dibeli. Mindset ku dulu juga seperti itu. Jika membeli barang selalu di toko grosiran atau di kota yang harga diskonnya banyak. Tapi sekarang sudah beda, aku lebih memilih untuk membeli di warung sekitar atau pedagang pedagang kecil. Dengan membeli dari mereka aku dapat membantu membangun perekonomian kecil mereka agar tetap hidup.

Harganya pasti lebih mahal dari toko grosir. Lebih mahal 1000 atau 2000 aku kira tidaklah mengapa , tapi sangat berarti bagi mereka. Dan hal yang terpenting Kita akan membuat mereka tersenyum. Apalagi kita juga tidak membeli setiap hari. Ini juga berlaku untuk pedagang pedagang kecil keliling yang menjual makanan murah. Meskipun lebih sering tidak buth, tapi karena ingin membantu mereka mendapatkan duit , ya sudahlah beli beberapa makanan 2000 atau 5000. Dengan segitu sudah membuat mereka senang.

Ngapain juga kita membeli dari pedagang besar yang jelas jelas mereka sudah kaya raya dan memiliki keuntungan yang ganda dan malah menambah kekayaan mereka dari uang kita, bukankah lebih baik kita bantu pedagang yang ada disekitar untuk membantu kehidupan mereka? Bukankah lebih baik uang yang kita miliki sudah jelas arah nya kepada siapa.

9 thoughts on “Membeli Lokal akan Membantu Perekonomian Pedagang Kecil

      1. Iya,hehe…😂
        Tapi kalau warung favourit saya terbilang tidak murah sih,cuman karena itu favourit saya dan satu”nya di kota saya,jad saya belinya disitu terus deh😅

        Like

  1. ya begitulah, warung warung kecil sekarang sangat kerepotan bersaing dengan pemodal besar, seperti lapak lapak penduduk setempat di sapu oleh toko toko kelontong modern yang kadang harganya malah lebih mahalan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s