Eranya Pengusaha Muda

Dulu, yang namanya profesi pedagang (bakul) merupakan kasta rendah dalam hirarki profesi dalam masyarakat. Orang akan nyinyir dan sinis ketika seseorang ditanyakan apakan kerjaannya, dan orang itu akan menjawab sebagai pedagang. Tapi itu dulu, sekarang kebalikannya. Pengusaha dipandang suatu kerjaan yang keren dan elit.

Pemuda pemuda sekarang mengistilahkan sebagai pengusaha (entrepreneur), mereka sekarang berbondong bondong mendirikan usaha dari berbagai bidang yang mereka sukai dan yang memiliki prospek keuntungan yang bagus. Mulai dari otomotif hingga jasa.

Kalau mau jujur, mereka menerjuni dunia usaha karena kekalahan mereka dalam perjuangan mendapatkan lowongan kerjaan yang sesuai dengan mereka. Sehingga ketika mentog, tidak ada pilihan lain untuk mendirikan usaha daripada di bilang pengangguran sukses, hi hi.

Kebanyakan dari mereka mulai dengan usaha kuliner, misalkan HIK (angkringan), bakso dan mie ayam, sosis dan bakso bakar, potong rambut, pakan ternak, jual hp seken dan aksesorisnya, dan jika modalnya lebih bisa membuka bengkel. Banyak diantaranya bisa berkembang dengan baik dan lebih banyak lagi yang tumbang ditengah jalan sebelum modalnya kembali.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s