Kok Hujan Sepanjang Tahun?


Akhir tahun ini dihiasi hujan yang tidak ada hentinya. Dari sore hingga sore kembali selalu hujan melulu. Sama seperti aku tadi pagi yang membuat status BBM, ” Hujan tolonglah berhenti untuk sementara,status BBM teman teman juga sama, mereka mengutuk hujan yang tidak berhenti.

Hujan yang tidak juga berhenti mengakibatkan gak hanya cucian yang sulit kering, tanaman kesayangan yang udah aku tunggu  selama beberapa bulan malah hancur dan tidak bisa dipanen lagi karena batang dan buahnya busuk terkena limpahan hujan. Cabai, tomat , sawi tomat bahkan jagung juga ikutan busuk buahnya. Lebih kasihan lagi yang menanam padi, tahun ini dipastikan tidak akan bisa panen, karena semua tanaman padi yang sudah mulai menguning habis terendam banjir beberapa hari yang lalu.

Baru tahun ini cuaca sama sekali tidak dapat diprediksi. Sepanjang tahun selalu hujan.  Bahkan waktu bulan terkering pun (Agustus) tanah masih basah air hujan. Dengan cuaca macam gini takutnya tahun depan malah kebalikannya, yaitu sepanjang tahun kering. So that, bulan bulan ini aku mempersiapkan untuk beli gentong gentong besar penampung air hujan, dan kalau lagi kepepet bisa digunakan untuk ngangsu  andai kemarau tiba lebih panjang dari biasanya.

Meskipun hujan bikin repot tapi tidak semuanya menyebalkan. Satu hal yang kusuka dari hujan adalah suasananya yang soothing banget untuk tidur seharian. Suara air yang gemericik dari atap seperti alunan musik terapi yang membuat hati dan pikiran menjadi tenang dan hangat. Apalagi ditambah dengan secangkir kopi dan gorengan. Rasanya ingin seharian hujan tidak usah berhenti.

Hujan bagiku juga paling cocok untuk belajar. Bahkan sejak aku masih di sekolah, suasana paling nikmat untuk menghayati buku pelajaran adalah ketika hujan gerimis di sore hari. Rasanya pelajaran apapun yang aku baca selalu mudah untuk masuk dibandingkan dengan hari hari biasanya.

Dengan hujan ini kita tahu betapa nikmat sebenarnya kehadiran Matahari. Bahwa dengan ketiadaannya maka segala sesuatu yang semula sederhana menjadi hal yang sulit.

 

 

2 thoughts on “Kok Hujan Sepanjang Tahun?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s