5 Tips sederhana agar mengajar bahasa inggris menyenangkan

  1. Persiapan dan penguasaan materi yang baik

Setiap pengajar mutlak mempersiapkan materi dengan baik sebelum memulai pengajaran, materi dikelompokkan menjadi materi primer dan sekunder. Materi primer sebagai sajian utama sedangkan materi primer digunakan untuk pengayaan atau sebagai killing the time. Jangan membiasakan mempersiapkan materi sesaat sebelum mengajar, karena bisa dipastikan ada beberapa materi yang tidak bisa diberikan dengan maksimal. Kalau muridnya gak perhatian sih gak papa, tapi jika menghadapi murid yang kritis maka akan memalukan jika guru menjawab dengan asal dan gelagapan karena tidak menguasai materi. Materi harus dipahami dari berbagai sisi, inti dari pengajaran adalah membuat yang rumit menjadi mudah bukan malah sebaliknya.

  1. Menjelaskan materi dengan sistematika yang baik

Setelah materi dipersiapkan dengan baik maka saatnya show time, pelajaran akan asyik ketika materi yang disampaikan tidak loncat loncat. Peserta Didik tidak akan merasa kebingungan untuk mengikuti. Materi disajikan dari tahap mudah ke tahap sulit pelan pelan sampai terasa semua sudah paham baru dilanjutkan ke materi yang lebih kompleks. Akan lebih baik jika kita tuliskan sistematika di board (terkesan norak memang, tapi efektif untuk mengukur sampai mana materi yang kita jelaskan nanti). eh iyakalau ada pengawas menulis tujuan pembelajaran hari itu akan menambahkan nilai hlo..hi hi

  1. Selingi dengan beberapa cerita ringan dan guyonan.

Dalam pengajaran bahasa inggris kita banyak sekali menemukan kosakata yang jika diterjemahkan secara utuh dalam bahasa Indonesia maknanya menjadi lucu, misalkan grasshopper, dari kata grass=rumput dan hopper=pelompat. Dari satu kata itu saja siswa akan menikmati candaan bahwa bahasa inggris itu tidak lah sesulit yang dikira (motivasi). Juga selilingi dengan budaya orang inggris, mereka pasti akan suka.

  1. Latihan soal yang beragam.

Variasikan vocabulary yang diajarkan agar siswa memiliki perbendaharaan kata yang lebih kaya. Asalkan tidak menyimpang dari tujuan utama pembelajaran. Aku sering berlatih menambahkan vacabulary dengan menggabungkan beberapa tema yang sesuai (kadang gue singgung juga pelajaran yan lain misalkan PKN atau IPS).

  1. Praktek praktek

Bahasa Inggris merupakan life skill, untuk mempelajarinya tidak dibutuhkan kecerdasan tingkat Einstein, yang harus dilakukan adalah memperbanyak praktek sebanyak mungkin. Buatlah kelas serasa di Inggris. Aku menemukan anak se ajaib apapun akan bisa menirukan apa yang kita ucapkan jika dibiasakan secara terus terusan, apalagi kalau teman temannya juga demikian. Kelas akan lebih cepat menyerap materi.

Dari semua itu, motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris sangatpenting, pernah gue taruhan sama guru yang lebih senior yang mengatakan bahwa semua siswa adalah pintar, tergantung bagaimana cara mengajarnya. Gue taruhan sebulan..dan hasilnya? Gue lumayan dapat uang untuk beli paket internet. hi hi.

Yang jelas intinya adalah membikin bahasa inggris semudah mungkin dan sesederhana yang kalian bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s