Tips mendisiplinkan kelas

Menerapkan kedisiplinan siswa
Kewajiban bagi seorang guru ketika mengajar adalah dapat menguasai kelas dengan baik.
Guru dapat dikatakan menguasai kelas jika semua perintahnya bisa dipahami dan dituruti oleh semua peserta didik. Kelas tidak harus sepi seperti kuburan ketika terjadi pembelajaran. Kadang diperlukan juga riuh rendah kegiatan. Tapi semua itu harus sejalan dengan rencana pembelajaran yang telah disusun oleh guru tersebut.
Menguasai kelas tidak jauh dengan displin. Dengan disiplin maka kelas akan mudah dikuasai. Untuk bisa mendisiplinkan siswa maka kita harus bisa mendisiplinkan diri dulu, misalnya masuk dan keluar kelas tepat waktu, PR yang selalu dikoreksi, tugas yang selalu dikasih nilai dan dikembalikan kepada siswa, omongan dan tingkah laku yang sejalan. Tanpa itu semua akan sulit menguasai mereka.
Disiplin tidak harus pakai acara bentak bentak dan gebrak meja segala sehingga peserta didik mengkerut dan malah sulit diajar. Cukup konsekuen omongan saja maka mereka akan menghargai kita.
Kedisiplinan akan lebih mudah didapat jika kita memulai dari pertemuan pertama ngajar, kalau hanya ditengah tengah maka akan menjadi aneh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s